Ketua Komisi III DPRD Kolaka, Akhdan

KENDARIPOS.CO.ID– Hadirnya sejumlah perusahaan tambang swasta yang melakukan eksploitasi mineral di Kabupaten Kolaka, diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi pembangunan infrastruktur, khususnya jalan di wilayah tersebut. Apalagi perusahaan tambang wajib mengalokasikan anggaran tanggung jawab sosial untuk membangun di sekitar wilayah operasionalnya.

Ketua Komisi III DPRD Kolaka, Akhdan, mengungkapkan, masalah jalan merupakan keluhan yang paling sering diterima para legislator saat melakukan reses. Padahal menurutnya, persoalan tersebut bisa saja diatasi jika perusahaan tambang swasta yang ada di Bumi Mekongga, mau membantu pemerintah untuk membangun jalan. “Seharusnya dana CSR perusahaan tambang itu jangan hanya untuk program yang kecil-kecil. Tetapi juga harus dialokasikan untuk pembangunan yang dampaknya lebih besar dan manfaatnya bisa dirasakan masyarakat, seperti pembangunan jalan,” ujarnya, Jumat (15/10).

Menurut Akhdan, selama ini belum ada perusahaan tambang swasta yang mempunyai kontribusi siginifikan terhadap pembanguan jalan di Kolaka. Padahal kata dia, masyarakat hanya membutuhkan agar jalan tersebut tidak menyusahkan saat dilintasi

“Bantuan pembangunan jalan tidak mesti harus aspal, karena itu membutuhkan anggaran yang sangat besar. Paling tidak dibeton, atau minimal dipasangi paving blok, jika itu hanya jalan setapak,” saran Legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut. (c/fad)