Kongsi Cerdas Membangun Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Kota Kendari dengan segala kemajemukannya memiliki keunggulan yang berpontesi menambah pundi-pundi keuangan daerah. Ada sektor pariwisata, perikanan, transportasi dan masih banyak lagi. Potensi segala sektor itu menjadi kekuatan membangun Kota Kendari bervisi kota layak huni, berbasis ekologi, informasi, dan teknologi.

Nah, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Kota Kendari sebagai bagian integral Pemkot Kendari siap berada di garis depan membangun daerah. Direktur Utama (Dirut) Perumda Kendari, Munir Madjid enggan jalan sendiri. Dia menyadari komitmen membangun Kendari mesti bersama mitra strategis. Salah satunya adalah Kendari Pos. Gayung bersambut, Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin pun menegaskan Kendari Pos selalu siap bekerja sama dengan Perumda dalam bingkai membangun Kota Kendari.

Dari kiri : Direktur Kendari Pos La Ode Diada Nebansi, Direktur Operasional Perumda Kota Kendari Agung Hari Bowo, Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin, Direktur Utama Perumda Kota Kendari Munir Madjid dan staf Perumda foto bersama usai kunjungan silaturahmi di Graha Pena, Kendari Pos, Kamis (14/10). LM. SYUHADA RIDZKY/KENDARI POS

Kongsi cerdas itu terungkap dalam diskusi kedua direktur utama itu di Graha Pena Kendari Pos, kemarin. Dirut Perumda Kendari, Munir Madjid memboyong Direktur Operasional Agung Hari Bowo dan stafnya berkunjung di Graha Pena, Kamis (14/10).

Dirut Munir Madjid meyakini, Kendari Pos adalah partner strategis dalam mempublikasikan berbagai kegiatan Perumda. “Kota Kendari memiliki potensi yang luar biasa. Bisa terlihat dari arus logistiknya yang lancar, dan tingkat hunian hotelnya yang cukup tinggi. Itu menandakan ekonominya tumbuh dengan pesat. Belum lagi pariwisatanya sangat banyak. Sehingga kami harus turut ambil bagian. Jadi kami butuh partnership yang bisa menyampaikan tentang eksitensi kami dan mau bekerja sama membangun daerah ini. Untuk itu kami pilih Kendari Pos sebagai mitra strategis,” kata Munir Madjid kepada Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin yang didampingi Direktur Kendari Pos La Ode Diada Nebansi dan jajaran manajemen.

Senada, Direktur Operasional Perumda Kendari, Agung Hari Bowo mengapresiasi langkah awal hubungan kerja sama antara Perumda dengan Kendari Pos. Perumda sangat membutuhkan dukungan publikasi terkait delapan bidang usaha yang akan dijalankan seperti kredit mikro, transportasi, retail, pemanfaatan tambat labuh, pariwisata, pengelolaan persampahan, limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun), pengelolaan kawasan dan industri dan perdagangan, serta pengelolaan perikanan.

“Kami sangat percaya dengan Kendari Pos. Dengan konsep good news is the best news yang diusung akan membawa aura positif bagi Perumda dan masyarakat Kendari. Semoga informasi yang
disampaikan bisa membuat masyarakat semakin mengenal Perumda dan mendukung unit-unit usaha Perumda,” kata Agung.

Sebelumnya, Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin mengapresiasi pilihan Direksi Perumda Kendari menjadikan Kendari Pos sebagai mitra strategis membangun Kota Kendari. Silaturahmi yang terjalin merupakan langkah awal sinergisitas dalam mendukung pembangunan Kota Kendari. “Kota Kendari dengan segala dinamika yang ada di dalamnya sangat berpotensi untuk dikembangkan sehingga dapat menghasilkan benefit bagi daerah,” ujar Dirut Irwan Zainuddin.

Irwan Zainuddin menambahkan di era disrupsi ini, Kendari Pos bertranformasi dengan melahirkan inovasi berlabel konvergensi media. Inovasi itu menempatkan koran Kendari Pos sebagai core (inti) bisnis yang ditopang dengan lima platform media yakni kendaripos.co.id, kendarinews.com, Update News, Kendari Pos Channel (Podcast YouTube), dan e-koran (koran digital Kendari Pos).

Semua platform Kendari Pos yang ada dalam konvergensi media itu akan mendukung penuh Perumda Kendari yang dipimpin Munir Madjid dalam menjalankan unit usahanya. “Kami harap perumda bisa menjadi penggerak ekonomi di Kota Kendari. Dengan segenap potensi yang dimiliki, Kendari Pos akan membantu dan mensuport Perumda Kendari,” kata Irwan Zainuddin, kemarin.

Sebelumnya, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir berharap, perumda bisa mengoptimalkan seluruh potensi yang belum terkelola maksimal selama ini. Ia yakin, Perumda dalam nakhoda duet Munir Madjid dan Agung Hari Bowo bisa memaksimalkan potensi yang ada Kota Kendari.

“Perumda ini kami orientasikan untuk menggali sumber daya yang memiliki nilai ekonomi dan bisa berkontribus bagi PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Kendari. Sehingga kita punya energi baru, punya ruang fiskal baru yang bisa kita gunakan untuk membangun daerah agar palayanan bisa semakin baik,” kata Sulkarnain Kadir kata saat melantik Direksi Perumda Kendari, Senin (11/10) lalu.

Sekedar informasi, Perumda Kota Kendari baru resmi beroperasi sejak 11 Oktober lalu. Dengan modal awal sebesar Rp 3 miliar, badan usaha milik daerah (BUMD) itu akan menjalankan delapan bidang usahanya. Kehadiran Perumda diharapkan bisa mengoptimalkan PAD. (ags/b)

Modal Awal Rp3 Miliar, Perumda Menjalankan Delapan Unit Usaha