KAMALUDDIN/KENDARI POS
HARI TANI : Wakil Bupati Konsel, Rasyid (tengah) ketika melakukan panen jagung nusantara milik petani di Desa pangan Jaya, Kecamatan Laiena.

KENDARIPOS.CO.ID– Momentum peringatan hari tani nasional (HTN) tahun ini dimeriahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) dengan menggelar panen raya jagung nusantara di Desa Pangan Jaya, Kecamatan Lainea.

Wakil Bupati Konsel, Rasyid, yang hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, kegiatan panen jagung digelar dalam rangka mengoptimalkan produksi jagung dalam negeri.

“Ini sesuai harapan pemerintah melalui Menteri Pertanian, bagaimana memastikan bantuan bibit itu tersebar pada seluruh wilayah Indonesia. Dibuktikan dengan panen raya yang digelar di seluruh nusantara pada momen HTN ini,” ungkapnya, Kamis (30/9).

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Konsel, Hidayatullah, menjelaskan, wilayahnya menjadi salah satu penerima bantuan bibit jagung dari Pemerintah Pusat.

“Juga sebagai daerah dengan potensi lahan tanam jagung yang besar. Salah satunya di Desa Pangan Jaya Kecamatan Lainea ini,” ungkap Hidayatulah.

Lebih jauh, sambung mantan Kepala DPM-PTSP Konsel itu, panen raya yang secara serentak digelar se-Indonesia dan terpusat di Grobogan, Provinsi Jawa Tengah itu, untuk memastikan ketersediaan jagung bagi pakan ternak.

Pihaknya akan menjamin harga komoditas jagung untuk petani di wilayahnya.

“Saat ini harga jagung mencapai Rp 5.300 perkilogram,” terangnya.

Untuk jagung yang dihasilkan petani Konsel akan diekspor ke industri pakan ternak di Pulau Jawa. Hidayatullah meminta para petani tetap semangat menanam. Karena pemerintah akan hadir memberikan bantuan dan bimbingan teknis dan bisa menjamin harga jual untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. (c/kam)