Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindunagn Anak Koltim, Amiruddin

KENDARIPOS.CO.ID– Dukungan terhadap kaum wanita terus dilakukan pihak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim). Harapannya, partisipasi perempuan di Bumi Sorume bisa seimbang dengan laki-laki pada semua lini kehidupan. Sebab kesetaraan gender sangat diharapkan agar para perempuan bisa bersaing dan tumbuh memberikan kontribusi nyata pembangunan manusia dan daerah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindunagn Anak Koltim, Amiruddin, menyampaikan, sesuai data analisis kesetaraan gender, hasilnya relatif baik atau seimbang dengan laki-laki pada tingkat partisipasi pembangunan daerah. Pemkab Koltim berkomitmen membangun sumber daya manusia perempuan untuk ikut berpartisipasi dalam segala kemajuan daerah ini. “Pengarusutamaan gender dalam perencanaan dan penganggaran sudah sejak lama digaungkan Pemerintah pusat, termasuk di Koltim,” kata Amiruddin, Jumat (22/10).

Mantan Camat Lalolae itu menyebutkan, indeks pemberdayaan gender tahun 2019 mencapai 61,7 persen. Tingkat partisipasi legislatif hasil pemilihan tahun 2019-2024 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebanyak 10 orang atau 40 persen keterwakilan perempuan.

Sementara jabatan struktural pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim mulai eselon IV sampai eselon II berjumlah 101 orang atau 23,59 persen dari total 430 jabatan struktural pemerintahan.
“Semoga kesetaraan gender di Koltim bisa memberikan energi positif bagi kemajuan pembangunan daerah. Pantauan kesetaraan perempuan selalu terupdate setiap tahun dalam rangka pemberdayaan yang lebih baik kedepannya,” pungkas Amiruddin. (c/kus)