Sekolah Diminta Siapkan Data Penerimaan 2022

KENDARIPOS.CO.ID– Meski pencairannya sedikit terlambat, penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) setingkat SD dan SMP di Kota Kendari tahun 2021 bisa dirampung. Awal pekan ini, seluruh sekolah telah mendapatkan pencairan tahap III. Tahun ini, proses pencairan dana BOS sebesar Rp 41 miliar ini dibagi menjadi tiga tahapan.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Makmur M.Pd mengakui penyaluran tahap terakhir memang mengalami keterlambatan. Berdasarkan petunjuk teknis (Juknis), pencairannya dijadwalkan paling lambat di akhir September lalu. Namun Oktober baru terealisasi. “Mungkin keterlambatan ini berdampak pada penyaluran tahap I. Seharusnya, Februari dan Maret, tetapi baru tersalurkan di April.

Makanya, penyaluran tahap II diundur Juli padahal awalnya April. Tak heran, pada penyaluran tahap III baru terealisasi Oktober ini,” jelas Makmur, Jumat (29/10).

Ia memastikan tidak ada lagi sekolah yang tak mendapatkan dana BOS. Sesuai data yang masuk, seluruh sekolah sudah melaporkan data pengguna anggaran dana BOS tahap kedua ke Dapodik pusat, yang menjadi syarat wajib jika sekolah ingin dana BOS tersalurkan.

Saat ini, sekolah diminta mempersiapkan data penerimaan dana BOS tahun anggaran 2022 lebih awal. Tidak hanya untuk memudahkan pencairan, namun sudah menjadi arahan pemerintah pusat pada penyaluran tahap akhir. Di mana, sekolah harus segera memperbarui data admistrasi untuk penerimaan dana BOS tahun berikutnya. “Paling lambat sampai akhir bulan ini, sekolah harus sudah menginput datanya di Fapodik pusat.

Kita harapkan, sekolah betul-betul memperhatikan hal ini. Jangan sampai ada lagi yang terlambat menginput, sehingga itu menjadi masalah. Jika ada kendala dan masalah selama penginput data, segera melapor kepada kami, tentunya kita akan siap untuk membantu,” jelasnya. (b/ilw)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.