–Bupati Konut Ruksamin Menjaga Stabilitas Pangan Rakyat

KENDARIPOS.CO.ID — Ikthiar Bupati Konawe Utara (Konut) Ruksamin dalam penanganan pandemi Covid-19 bukan pada aspek kesehatan semata. Bupati Konut dua periode itu peduli nasib warganya yang terdampak pandemi Covid-19. Untuk itu dia tampil menjaga stabilitas pangan masyarakat Konut.

Bupati Konut menyediakan dan menyalurkan bahan pangan berupa sembako. Langkah itu sebagai upaya pemenuhan kebutuhan pangan rakyat di tengah pandemi. Penyaluran bantuan bagi warga Konut dipimpin Bupati Ruksamin di lima kecamatan yakni Wawolesea, Lasolo Kepulauan, Lembo, Sawa dan Motui. Sebelumnya, penyaluran sembako digelar di delapan kecamatan, yakni Lasolo, Molawe, Andowia, Asera, Oheo, Landawe, Langgikima dan Wiwirano.

Bupati Konut Ruksamin (duduk, lima dari kiri) bersama Satgas Covid-19 Kabupaten Konut, pemerintah kecamatan dan kelurahan usai penyaluran bantuan bahan pangan di Kecamatan Sawa, Selasa (12/10) kemarin. FOTO:

Bupati Ruksamin memastikan wilayahnya sudah terbebas dari Covid-19. “Untuk di Konut sudah zero covid atau nol covid. Kemudian data BOR (keterisian tempat tidur) juga nol,” ujarnya disela-sela penyaluran bantuan sembako, Selasa (12/10) kemarin.

Meski demikian, Ruksamin tetap memberikan penegasan pada kecamatan yang dinilai angka tracking atau penelusuran masih rendah. Terutama di Kecamatan Wawolesea. “Trackingnya kurang, sehingga angka persentase masih juga rendah. Termasuk persentase vaksinasi yang masih jauh. Dari target wajib vaksin 2.900, yang baru terlaksana vaksin 1.451 orang,”kata Ruksamin.

Ketua DPW PBB Sultra itu memberikan penguatan pada warga agar tidak perlu takut dan risau untuk melaksanakan vaksin. Karena dengan vaksin akan meningkatan daya tahan tubuh dalam serangan virus. Eks wakil bupati itu memberikan penegasan pada pimpinan wilayah Kecamatan Wawolesea dan Kepala Puskesmas untuk meningkatkan target vaksinasi diwilayahnya. “Paling lambat 1 bulan target vaksinasi sudah tuntas,”tegasnya.

Eks Ketua DPRD Konut mengapresiasi kinerja Pemerintah Kecamatan Lasolo Kepulauan yang memenuhi target vaksinasi. Dari 1.231 wajib vaksin, yang sudah divaksin 1.039 orang. Usai penyerahan paket sembako di Wawolesea dan Laskep, dilanjutkan di Kecamatan Lembo, Sawa dan bèrakhir di Kecamatan Motui. (min/b)

Kecamatan Lasolo Kepulauan Memenuhi Target Vaksinasi