ELYN IPO/KENDARI POS
DUKUNGAN PUSAT : Ruas jalan di Lawele dan Kabungka mulai dilakukan tahap perkerasan, termasuk pengerjaan dua jembatan yang ditarget bisa fungsional pada tahun ini.

KENDARIPOS.CO.ID– Salah satu proyek strategis Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton pada tahun 2021 ini adalah perintisan akses jalan baru yang menghubungkan Kecamatan Pasarwajo dan Lasalimu. Tepatnya, di wilayah Kabungka-Lawele. Dua wilayah itu merupakan titik penambangan aspal yang sampai saat ini masih aktif. Saat ini pengerjaan proyeknya tengah on progres.

Namun dengan biaya pinjaman yang terbatas, Pemkab Buton hanya mampu menuntaskan jalan dalam bentuk perkerasan dan pembangunan dua jembatan penghubung saja. Sementara untuk pengaspalan, Pemkab berencana mengusulkan untuk dikerjakan melalui anggaran Pemerintah Pusat. “Kabungka-Lawele ini yang dikerjakan hanya sampai perkerasan saja nanti. Aspalnya belum karena biaya kita terbatas.

Sementara ada dua jembatan dengan bentangan lumayan panjang juga di sana, jadi itu harus kita bangun supaya bisa fungsional dulu,” kata Bupati Buton, La Bakry, Senin (25/10). Diakuinya dana pinjaman memang jumlahnya cukup besar yakni Rp 148 miliar. Namun yang bisa digunakan untuk infrastruktur jalan hanya 30 persen saja.

Sebab masih ada proyek strategis lainnya yang juga dianggap penting. Diantaranya, pembangunan pasar rakyat dan mess penghubung daerah di Kendari, ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara. “Makanya untuk aspalnya nanti akan kita usulkan ke kementerian saja,” sambungnya.

La Bakry optimis jika Pemerintah pusat bisa menyetujui usulan itu. Sebab pemanfaatan aspal Buton merupakan proyek strategis nasional. “Dua item yang kita dorong untuk infrastruktur. Pertama pengaspalan jalan tadi, kedua peningkatan kapasitas Pelabuhan Nambo,” tandas Buton-1 tersebut. (c/lyn)