Sekretaris Kota (Sekot) Baubau, Roni Muhtar.

KENDARIPOS.CO.ID– Rencana pembangunan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) di Kota Baubau mendapat respon positif dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra). Gubernur Sultra, Ali Mazi, merestui permintaan pendirian BLK yang diajukan Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau. Informasi itu disampaikan Sekretaris Kota (Sekot) Baubau, Roni Muhtar.

“Sudah ada kebijakan dari Pemprov melalui Bapak Gubernur untuk pendirian itu (BLK). Semoga (terealisasi) dalam waktu yang tidak terlalu lama,” kata Roni Muhtar saat ditemui usai membuka penyuluhan dan bimbingan kerja bagi pencari kerja siswa dan siswi SMA, SMK dan MAN se-Kota Baubau, Kamis (14/10).

Dukungan Pemprov Sultra dalam mewujudkan pendirian BLK di Kota pemilik benteng terluas di dunia itu disampaikan Pemprov dalam rapat kerja. Baubau masuk sebagai salah satu kota yang layak untuk pendirian BLK. “Sudah ditegaskan dalam rapat kerja kemarin. Bahwa ada dua daerah yang dibantu pendirian BLK yaitu, Kota Baubau dan Kendari. Artinya bahwa, di mata Bapak Gubernur, Baubau ini adalah episentrum pengembangan untuk banyak hal ke depan. Maka perlu ada pendirian BLK sebagai tempat pelatihan berbagai bidang keterampilan kerja,” sambung “Jenderal” ASN Kota Baubau itu.

Mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) tersebut menambahkan, dari dukungan Pemprov itu, pihaknya sudah melakukan berbagai langkah persiapan pembangunan. Salah satunya adalah menjamin ketersediaan lahan yang akan menjadi tempat pendirian BLK. “Jadi Pemkot Baubau melalui arahan wali kota sudah menyiapkan lahan hampir 10 hektare di Kecamatan Lea-lea,” pungkasnya.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Baubau, Mohamad Amsir Afie, menerangkan, keberadaan BLK menjadi salah satu kebutuhan yang mendasar. “Kita siap (mendukung pembangunan BLK). Karena itu menjadi kebutuhan agar bagaimana angkatan kerja yang ada, bisa memiliki wadah untuk tempat mereka dididik menjadi tenaga kerja terampil,” pungkasnya. (b/ahi)