KENDARIPOS.CO.ID — Wabah Covid-19 yang masih menjadi pandemi di tanah air termasuk Kota Kendari. Pandemi berdampak pada denyut nadi perekonomian masyarakat dan daerah. Pemkot Kendari bekerja keras memulihkan keadaan. Salah satunya Pemkot menginisiasi kerja sama dengan Pemkab Konawe Utara (Konut) dan Konawe Selatan (Konsel) di bidang perdagangan dan pariwisata. Kemarin, Pemkot meneken kerja sama dengan Pemkab Konut dan Konsel.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, kerja sama yang dibangun merupakan upaya mendorong pemulihan ekonomi daerah di masa pandemi saat ini. Adapun bidang usaha yang masuk poin kerja sama Pemkot Kendari dan Konsel meliputimeliputi sektor pertanian seperti perdagangan sayur mayur, cabai merah, tomat, kangkung, terong, bayam, kacang panjang, ketimun, dan sawi.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (tengah) bersama Wakil Bupati Konawe Selatan Rasyid (kiri) dan Wakil Bupati Konawe Utara Abuhaera (kanan) usai penandatanganan dokumen kerja sama daerah di Plaza Inn Kendari, Kamis (21/10) kemarin. AGUS SETIAWAN / KENDARI POS

Selanjutnya pada sektor pariwisata, Pemkot berkomitmen mempromosikan wisata Air Terjun Moramo dan desa wisata, Desa Namu, Konsel. Sementara pada sektor peternakan, yakni perdagangan sapi potong, pennyediaan pakan unggas (pakan organik dan tepung ikan). “Di sana ada potensi daging segar pada sapi potong, sementara kita punya RPH terbaik,” ujar Wali Kota Sulkarnain Kadir usai penandatangan kerja sama daerah di Plaza Inn Kendari, Kamis (21/10) kemarin.

Sementara kerja sama Pemkot Kendari dan Pemkab Konut meliputi sektor pariwisata, perkebunan, komunikasi dan informasi serta perhubungan. “Di Konut ada potensi wisata Pulau Labengki. Kita akan kerja sama sehingga menguntungkan kedua daerah,” kata Wali Kota Sulkarnain.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sultra yang diwakili Asisten II Pempov Sultra, Suharno meyakini kerja sama tiga daerah itu dapat memulihkan perekonomian daerah melalui sektor pariwisata dan perdagangan. “Kami apresiasi daerah-daerah yang berkomitmen meningkatkan ekonomi daerahnya. Mudah-mudahan usaha dan kerja keras membangun komitmen ini bisa menyejahterakan daerah utamanya kesejahteraan masyarakat,” kata Suharno. (ags/b)

Pemprov Meyakini Kerja Sama Daerah Dapat Memulihkan Perekonomian