AGUS SETIAWAN/KENDARI POS
LITERASI : Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kanan) mengukuhkan kepengurusan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kota Kendari di aula SMP Negeri 9 Kendari, Senin (4/10).


-Pengurus GPMB Kota Kendari Dikukuhkan

KENDARIPOS.CO.ID– Tingkat literasi masyarakat Sultra masih rendah. Berdasarkan data Badan Perpustakaan dan Kearsipan Sultra, capaiannya baru berada diangka 54,76 persen. Tak heran, Pemkot Kendari terus berupaya mendorong minta baca masyarakat. Salah satunya melalui Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan kehadiran GPMB sangat penting untuk meningkat minat baca (literasi) masyarakat Kota Kendari yang dianggap masih kurang. Upaya mendorong peningkatan literasi perlu dilakukan mengingat kemajuan sebuah daerah ditentukan dari kualitas literasinya.

“Saya mengajak seluruh pengurus agar kita jadikan gerakan ini sebagai panggilan moral kita untuk bagaimana kita berkontribusi agar masyarakat kita, anak-anak kita tidak kehilangan identitasnya sebagai warga Indonesia, sekaligus bisa menyambut kemajuan karena tingkat literasinya atau kemampuan berbahsanya sudah baik,” kata Sulkarnain Kadir saat melantik pengurus GPMB Kota Kendari di aula SMP Negeri 9 Kendari, Senin (4/10).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengajak jajaran pengurus untuk melahirkan ide dan gagasan dalam upaya peningkatan literasi masyarakat. Sebagai bentuk dukungan, pemerintah siap menfasilitasi kegiatan yang digelar GPMB. Pasalnya, gerakan ini sejalan dengan program Pemkot Kendari.

Ketua GPMB Sultra Prof Hanna menyambut baik terbentuknya GPMB Kota Kendari. Menurutnya, gerakan ini sangat penting dihadirkan karena merupakan wadah penggerak untuk memperbaiki kualitas literasi masyarakat. Literasi jangan diartikan hanya persoalan membaca. Melainkan kemampuan masyarakat dalam menulis dan berbicara sehingga harus bisa berjalan beriringan.

“Mudah-mudahan upaya dan kerja keras kita untuk meningkatkan literasi masyarakat bisa terwujud dengan hadirnya gerakan ini. Sebuah gerakan yang menyadarkan masyarakat betap pentingnya membaca dan berbahasa yang baik. Dukungan pemerintah juga sangat penting untuk mewujudkan cita-cita ini,” kata Prof. Hanna.

Dalam pengurusan GPMB Kota Kendari, Sri Lestari didaulat sebagai Ketua sementara wakilnya, Milwan yang menjabat sebagai Kepala SMPN 9 Kendari. Mereka akan dibantu jajaran pengurus yang dibagi dalam beberapa devisi. Masa bakti pengurusan GPMB Kota Kendari akan berlangsung selama 2021-2025. (b/ags)