KENDARIPOS.CO.ID– Banyak titik jalan dalam kota Kabupaten Buton Utara (Butur), dalam kondisi berlubang dan kerap dikeluhkan masyarakat. Makanya, dalam usulan anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2021 ini, pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat memproyeksikan pemanfaatan anggaran untuk membenahi sejumlah jalan dalam kota tersebut.

“Usulan dalam APBD-P itu fokus pada kegiatan yang dapat diselesaikan dalam kurun waktu dua atau tiga bulan. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang fokus membenahi jalan dalam kota dan beberapa kegiatan proyek lainnya yang bisa dikebut hingga jelang akhir tahun,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Butur, Mahmud Buburanda, saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Mahmud Buburanda

Ia menambahkan, pembenahan jalan di Butur membutuhkan anggaran sangat besar. Panjang jalan di daerah itu mencapai 600 kilometer lebih. Berdasarkan data, 70 persen dalam kondisi rusak berat dan selebihnya baik. Jika hanya mengandalkan alokas APBD, maka progres pembangunan jalan membutuhkan waktu cukup lama untuk dituntaskan.

Bahkan diprediksi nanti pada akhir pemerintahan bupati, baru terlihat. “Olehnya itu, Pemerintah Kabupaten berupaya mengajukan pinjaman anggaran yang diproyeksi untuk pembenahan infrastruktur. Agar pembenahan jalan dapat dilakukan pada tahun pertama dan kedua, karena masuk skala prioritas. Kemendagri sudah memberikan respon positif secara lisan dan menyetujuinya,” tandas Mahmud Buburanda. (c/had)