Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Koltim, Hanarudin

KENDARIPOS.CO.ID– Pemilihan anggota Badan Permusyaratan Desa (BPD) pada 117 desa di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), akan dituntaskan pada 30 September 2021, hari ini. Dari 117 desa yang ada itu, maka total ada 585 orang jika setiap desa masing-masing memiliki lima anggota BPD. Mereka kemudian akan segera dilantik secara definitif setelah ada Pejabat Bupati Koltim.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Koltim, Hanarudin, mengakui, pelantikan BPD masih terkendala tak adanya Pj bupati. “Tersisa satu desa saja yang belum selesai pemilihan. Kalau sudah tuntas, maka surat keputusan akan dibuatkan untuk diajukan pada pimpinan daerah,” kata Hanarudin, Kamis (30/9).

Sementara itu Kepala Bidang Pemerintahan DPMD Koltim, Kusram Maroli, berharap, satu desa di Kecamatan Tirawuta bisa menuntaskan pemilihan anggota BPD pada pekan ini. Pelantikan nantinya dibagi dalam dua klaster tempat. Klaster pertama terdiri BPD Kecamatan Ladongi, Dangia, Poli-Polia, Aere dan Lambandia. Sementara klaster dua mulai dari Kecamatan Tirawuta, Loea, Lalolae, Tinondo, Uluiwoi dan Uesi.

“585 tokoh masyarakat yang dipilih mewakili masyarakat di BPD, akan mendapat honor bervariasi. Insentif mereka berkisar Rp 500 ribu dan Rp 700 ribu tiap orang. Sesuai kemampuan APBDes,” jelas Kusram Maroli. (c/kus)