Kepala Dinas PUPR Wakatobi, Kamaruddin

KENDARIPOS.CO.ID– Selain jalan antarkampung Desa Wawotimu-Kulati yang dikerja memanfaatkan dana alokasi umum (DAU) di Pulau Tomia, pekerjaan jalur transportasi di Kaledupa dan Binongko dari dana alokasi khusus (DAK), juga sudah dituntaskan. Meski sebelumnya sempat bermasalah karena aspal yang digunakan tidak sesuai spesifikasi, namun kegiatan tersebut berjalan lancar.

Pekerjaan jalan kurang lebih 6 kilometer di Pulau Kaledupa dan 3 kilometer di Binongko merupakan program DAK Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Wakatobi tahun 2021. Direalisasikan pertengahan tahun ini, kegiatan tersebut memang ditargetkan selesai pada Juli lalu.

Kepala Dinas PUPR Wakatobi, Kamaruddin, menjelaskan, masalah tidak sesuainya kadar aspal dengan spek, sudah diselesaikan. Sehingga kegiatannya tetap dilanjutkan dan akhirnya bisa tuntas.

“Sudah selesai. Kita juga turun langsung memantau saat itu. Setelah ada temuan, langsung diganti. Karena responnya cepat sehingga pekerjaanya juga bisa selesai dengan cepat,” jelasnya, Minggu (10/10).

Untuk di Kaledupa, anggarannya sekitar Rp 7 miliar. sementara di Pulau Binongko menghabiskan sekitar Rp 3 miliar. “Tahun depan tetap akan diprioritaskan pekerjaan jalan di Pulau Kaledupa dan Binongko. Karena untuk Tomia dan Wangi-Wangi sudah terealiasi melalui program hibah jalan daerah (PHJD),” terang Kamaruddin. (c/thy)