KENDARIPOS.CO.ID — Meski memenuhi standar passing grade, peserta seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) belum bisa dipastikan lolos ke tahap berikutnya. Pasalnya, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) terlebih dahulu masih harus melakukan perangkingan. Rencananya, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) bakal merilis hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pekan ini.

Puput seorang peserta seleksi CASN Pemkot Kendari yang baru saja mengikuti tes SKD, Sabtu (09/10) mengaku “deg-degan” menunggu hasil pengumuman. Ia berharap bisa dinyatakan lolos dan berhak maju ke tahap selanjutnya atau Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Kepala BKPSDM Kendari, Sudirham

“Waktu tes kemarin, nilaiku itu lolos passing grade. Karena saya lewati semua standar nilainya, misalnya TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) standarnya 65, TIU (Tes Intelenjensia Umum) 80 dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi) 166 itu saya lewati semua,” kata Puput kemarin.

Namun berdasarkan informasi yang didapatkannya dari BKD, kelulusan ditentukan melalui BKN atas dasar perangkingan hasil SKD. “Katanya biar capai passing grade, tapi masih akan dirangking lagi. Sudah pasti kami was-was nanti tidak lolos,” kata Puput dengan nada cemas.

Terpisah, Kepala BKPSDM Kendari, Sudirham mengaku, hasil tes SKD akan diumumkan BKN pekan ini. Pihaknya sendiri tidak bisa melakukan intervensi atas hasil yang akan dikeluarkan nantinya. “BKN punya standar sendiri dan punya wewenang penuh untuk menentukan siapa saja yang lolos berdasarkan passing grade dan perangkinan yang dilakukan. Kami hanya pelaksana saja,” kata Sudirham kemarin.

Ia pun meminta kepada seluruh peserta agar tetap tenang dan terus memantau perkembangannya melalui YouTube BKN terkait live score hasil tes SKD. “Para peserta bisa memantau hasilnya melalui YouTube BKN dengan mensearch UPT BKN Kendari. Disitu tersedia live scorenya. Kami pastikan seleksi CASN kali ini transparan dan akuntabel,” kata Sudirham. (b/ags)

Seleksi CASN Pemkot Kendari
Pendaftaran 2.590 Pelamar
Lolos Berkas 2.545 Peserta (45 TMS)
SKD Diumumkan Pekan Ini

Penentuan SKD
-Berdasarkan Perangkingan Panselnas
-Tak Hanya Sebatas Penuhi Passing Grade