Ilham Jaya

KENDARIPOS.CO.ID– Perebutan tujuh kursi pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, memasuki babak akhir. Pasca melakukan asesmen pada 30 peserta lelang jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP), Panitia Seleksi Daerah (Panselda) kini tinggal menunggu nilai akhir para peserta yang dikeluarkan Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Makassar.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Konawe, Ilham Jaya, mengatakan, jika skor dari Tim Asesmen Center LAN RI telah terbit, maka Panselda lelang JPTP Konawe yang diketuai Sekretaris Kabupaten (Sekab), Ferdinand Sapan akan memberikan rekomendasi tiga nama dari setiap formasi yang diperebutkan.

Rekomendasi dari Panselda itu ditujukan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk masuk ke tahap berikutnya. “Jadi untuk setiap formasi itu hanya tiga nama yang direkomendasikan. Dari nama tersebut, Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dalam hal ini Bupati Konawe bisa memilih satu nama untuk dilantik,” ujar Ilham Jaya, Jumat (29/10).

Soal kapan diumumkannya nilai akhir para peserta seleksi jabatan eselon II itu oleh LAN RI Makassar, Ilham Jaya mengaku belum bisa memberikan kepastian. Sebab belum ada informasi lebih lanjut dari Tim Asesmen Center. Namun ia memastikan, lelang JPTP pada tujuh OPD lingkup Pemkab tersebut hingga pelantikannya, tak akan menyeberang ke tahun 2022. “Kita juga pastikan tak ada permainan dalam seleksi ini.

Semua peserta lelang JPTP merupakan orang-orang terbaik yang sudah melewati berbagai tahapan penjaringan, seperti pembuatan makalah, wawancara, tes asesmen dan sebagainya,” yakin mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe itu.

Sebagai informasi, tujuh posisi yang diperebutkan dalam lelang JPTP tersebut adalah jabatan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), serta Asisten I (Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Konawe. (b/adi)