La Ode Anwar Agigi

KENDARIPOS.CO.ID–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna bakal merealisasikan pem­bangunan pabrik pengolahan jag­ung kuning pada tahun ini. Pabrik itu diproyeksikan bakal menghasil­kan tiga produk olahan jagung yang siap menyuplai kebutuhan nasion­al.

Kepala Dinas Tanaman Pan­gan, Holtikultura dan Perkebunan Muna, La Ode Anwar Agigi men­gatakan, pembangunan pabrik ja­gung dilakukan untuk mendukung kebijakan daerah menjadi peng­hasil jagung kuning berkualitas di Sulawesi Tenggara.

Pabrik tersebut nantinya akan memroduksi jagung rendah afkatoksin, pakan ternak dan tongkol jagung. Ketiga produk itu cukup diminati pasar nasional. “Ada tiga produk yang akan di­hasilkan pabrik itu. Semuanya sangat diminati pasar,” kata Anwar Agigi.

Ia menambahkan, pabrik jagung itu akan menyerap bahan baku dari jagung hasil panen petani lokal. Bah­kan, pabrik juga siap menampung produksi luar daerah. Kemamp­uan pabrik bisa mengolah sampai 60 ton jagung per hari. “Pabriknya didukung dengan mesin pengering berkapasitas 30 ton. Jadi bisa sampai 60 ton per hari,” paparnya.

Anwar menguraikan, pabrik tersebut akan menjadi aset daerah, sedangkan pengelolaanya akan dis­erahkan kepada investor. Sejauh ini dua perusahaan yang telah men­yatakan ketertarikannya ialah PT. Datu Nusa Agribisnis dan PT. Seger Agro Nusantara.

Keduanya telah menjadi mitra Kementerian Per­tanian. Pemkab selanjutnya akan menarik retribusi sesuai UU nomor 28 tahun 2009 tentang penggunaan kekayaan daerah. “Dua perusahaan ini memang di­rekomendasikan Kementan. Tetapi PT. DNA yang berpeluang besar dalam kerjasama ini,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, kehadiran pabrik jagung yang akan dibangun memakai dana pinjaman sebesar Rp14 miliar itu sangat memberi manfaat bagi petani. Selain mem­beri kepastian pasar terhadap hasil panen, pabrik jagung juga bisa menyerap tenaga kerja dan mem­berikan transfer ilmu dan teknologi kepada petani. “Sementara daerah bisa memeroleh pendapatan asli dari pabrik,” imbuhnya. (b/Ode)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.