DOK. MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
YAKIN TERBANGUN : Peninjauan pengerjaan penanggulan lahan Bandara oleh pihak Dinas Perhubungan Kolut, beberapa waktu lalu. Kini Pemkab menanti dukungan anggaran dari Pemerintah Pusat.

KENDARIPOS.CO.ID– Ada 21 Bandar Udara (Ban­dara) yang masuk dalam rencana pembangunan dan anggaran­nya telah ada dalam rincian pagu Ditjen Perhubungan Udara tahun anggaran 2022 mendatang. Sayangnya, nama Bandara Kolaka Utara (Kolut) belum terlihat dalam daftar. Namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab), tetap op­timis jika proyek pembangunan infrastuktur pelabuhan udara di Bumu Patowonua tersebut, bisa terakomodasi.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Kolut, Taupiq S, mengaku daftar Bandara yang telah dirilis Dirjen Perhubungan Udara tersebut masih merupakan rancangan untuk beberapa konstruksi besar yang akan direalisasikan tahun 2022 mendatang. Akan tetapi, ia menyampaikan jika beberapa pekan lalu Pemprov Sultra dalam hal ini Gubernur, Ali Mazi juga telah melakukan video coference dengan Menko Maritim. “Pak Gub menyampai­kan jika ada proyek strategis di Kolut dalam hal ini Bandara,” ujarnya, Senin (11/10).

Hal itu kemudian ditindak­lanjuti esok harinya dana rapat terbatas bersama para bupati di Sultra dan disampaikan jika dokumen Bandara tersebut diantar langsung. Gubernur juga mengatakan jika terbuka pelu­ang Bandara Kolut mendapatkan kucuran APBN 2022 mendatang. Kadis Perhubungan Kolut, Ir. Junus juga disampaikan Taupiq telah bertemu langsung gubernur dan mengupayakan komunikasi ke tingkat pusat. “Insya Allah 2022 nanti dapat APBN. Tetapi saya tidak katakan sudah pasti, namun optimis,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, 21 Bandara yang sudah disetujui pada rincian pagu anggaran Ditjen Perhubun­gan Udara 2022 mendatang akan diakomodasi melalui berbagai cara. Ada yang melalui surat berharga syariah Negara, multi year contract 2021-2022 serta pinjaman dan hibah luar negeri. Setidaknya, masih ada 24 Ban­dara lainnya di seluruh Indonesia yang pembangunannya ditunda karena keterbatasan alokasi ang­garan. (b/rus)