Dahrul Dahlan

KENDARIPOS.CO.ID– Presentasi Wali Kota Baubau, AS Tamrin, di hadapan Tim Verifikator Kota Sehat pada 11 Oktober lalu, berbuah prestasi. Paparan Baubau-1 tersebut sukses meyakinkan tim dan daerah itu naik level melenggang ke kategori tertinggi sebagai Kota Sehat Swasti Saba Wistara.

Kepastian raihan membanggakan itu disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Baubau, Rahmat Tuta, melalui Sekretaris, Dahrul Dahlan. “Kita baru saja meraih prestasi membanggakan. Baubau menerima penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara dan itu berarti naik level. Sebelumnya pada 2019 itu level Wiwerda dan 2017 Padapa,” terang Dahrul Dahlan, Rabu (27/10).

Ketua Tim Akselerasi Baubau Sehat itu menuturkan, pengumuman kota sehat tersebut baru saja dibagikan melalui website resmi Kementerian Kesehatan beberapa hari lalu. “Jadi di Sulawesi Tenggara itu ada lima daerah yang masuk penilaian. Baubau, Kendari, Kolaka, Kolaka Utara dan Wakatobi. Stelah dinilai pertengahan Oktober kemarin ketika Pak Wali Kota paparan, hasilnya sudah diumumkan hari minggu lalu,” sambungnya.

Dahrul Dahlan mengaku, sejak awal pihaknya memang cukup optimis bisa meraih predikat tertinggi itu seperti Kota Kendari yang sudah tiga kali berturut-turut mewakili Sultra dalam perhelatan Kota Sehat tingkat nasional. Keyakinan itu bukan tanpa alasan. Banyak inovasi yang dibuat pihak terkait sehingga mendongkrak perolehan nilai Kota Baubau. “Strategi kita cukup signifikan dan memberi efek positif yakni dengan cara adanya kampung klaster tematik,” tuturnya.

Klaster tematik dimaksud yakni pemberian identitas kawasan. Contohnya, Kelurahan bebas rokok atau juga Kampung Pelni, Kampung Budaya dan Wisata, Kampung Bunga dan masih banyak lagi inovasi klaster tematik itu. “Jadi semua ada alasannya diberi nama itu. Misalnya kampung Pelni, itu semua sampah dari Pelni dibawa ke sana,” terangnya.

Meski demikian, Sekretaris Bappeda Baubau tersebut menegaskan, raihan Kota Sehat bukan hanya soal piala dan pengakuan Pemerintah Pusat. Tetapi lebih pada soal terbangunnya mindset masyarakat akan pentingnya pola hidup dan lingkungan yang sehat. “Insya Allah penyerahan pialanya saat peringatan HKN pada November nanti,” pungkasnya. (c/mel)