–Pelaku UKM Diberi Modal hingga Dibekali Manajemen Usaha


KENDARIPOS.CO.ID — PT.Antam Tbk konsisten menyejahterakan masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya. Tahun ini, PT.Antam menyalurkan CSR berupa bantuan modal usaha UKM melalui Program Kemitraan (PK) sebanyak Rp2.565.000.000. Terbaru, perusahaan pelat merah itu memberikan pelatihan dan pendampingan manajemen kepada 30 pelaku UKM di Kolaka agar usaha yang dikelola sukses berkembang. Kegiatan itu sebagai wujud PT.Antam merawat mitra binaannya.

CSR, HC & Finance Division Head PT Antam Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sultra, Dito Yulianto, mengungkapkan, dalam program pendampingan itu, para pelaku UKM yang merupakan mitra binaan Antam dibekali pengetahuan pengembangan usaha. PT.Antam memberikan pengetahuan cara mengelola keuangan dengan baik serta cara memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan produk.

“Pelatihan ini selama dua hari dan pendampingan selama tiga bulan. Kami harap para mitra binaan mengikuti pelatihan dengan baik dan menerapkan ilmu yang diperoleh untuk pengembangan usaha. Ketika menemui kendala, para mitra dapat mengetahui solusinya,” ujar Dito Yulianto kepada Kendari Pos, Senin (25/10) kemarin.

CSR, HC & Finance Division Head PT Antam Tbk UBPN Sultra, Dito Yulianto (tengah) bersama jajaran dan mitra Antam bersama peserta pendampingan kewirausahaan, yang digelar di UKM Center Antam, Senin (25/10). ZULFADLI NUR / KENDARI POS

Sebanyak 30 pelaku UKM yang merupakan mitra usaha Antam terlihat semangat mengikuti arahan instruktur dalam pendampingan kewirausahaan di UKM Center Antam di Kelurahan Dawi-Dawi, Kecamatan Pomalaa, Senin (25/10). Para pelaku usaha tersebut merupakan penerima bantuan modal usaha dana bergulir dari PT.Antam.

Dito Yulianto, menjelaskan, pihaknya berkomitmen meningkatkan usaha pelaku UKM yang ada di sekitar wilayah operasional perusahaan, apalagi di tengah pandemi Covid-19. Hal itu selaras dengan jargon UKM Center Berdaya Bersama. “Kami tak ingin besar sendirian. Kami ingin besar bersama dengan mitra binaan yang ada di sekitar wilayah operasional,” ungkap Dito.

CSR Bureau Head PT Antam Tbk UBPN Sultra, Maemanah, menambahkan, pihaknya terus membantu para pelaku usaha di sekitar wilayah perusahaan melalui Program Kemitraan (PK). Program tersebut merupakan bentuk dukungan Antam terhadap pelaku usaha skala mikro dan kecil. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha agar tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan dana bergulir. Sejak tahun 1998, PT.Antam melaksanakan program kemitraan. “Total mitra binaan sampai dengan tahun 2021 hampir mencapai 1.900 orang yang tersebar di daerah Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan,” paparnya.

Maemanah mengungkapkan, tahun 2020 dan tahun 2021, penyaluran PK bekerjasama pihak ketiga untuk mengevaluasi calon mitra binaan. Hasilnya, ada 37 mitra binaan di tahun 2021 yang mendapat bantuan dana bergulir PK. “Semua penerima bantuan dana tersebut berlokasi di daerah Kabupaten Kolaka. Adapun total nilai penyaluran PK tahun ini sebanyak Rp 2.565.000.000 yang mencakup semua sektor usaha,” pungkasnya. (fad/b)

37 Mitra Binaan Mendapat Bantuan Dana Bergulir PK