KENDARIPOS.CO.ID– Semangat untuk memajukan sektor pariwisata terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau. Bahkan saat ini, pengembangannnya membidik level kelas dunia (world class). Hal itu disampaikan langsung Wali Kota Baubau, AS Tamrin.

“Dengan komitmen tersebut, kita akan mengundang Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno untuk datang langsung ke daerah ini. Agar beliau melihat langsung sektor pariwisata dan segala potensinya sekaligus hadir dalam ulang tahun Kota Baubau, 17 Oktober mendatang,” kata AS Tamrin, kemarin.

Kepala daerah dua periode tersebut menyampaikan langsung harapannya agar Menteri Pariwisata memberikan dukungan penuh terhadap program Baubau menuju wisata world class. Sebagai bentuk keseriusan, Pemkot telah membentuk tim ahli untuk mendukung tercapainya tujuan tesebut. Tim yang dibentuk berisi para pelaku pariwisata berkompoten dari berbagai disiplin ilmu.

“Tujuan pembangunan ini adalah untuk kesejahteraan rakyat. Baik dari sektor pariwisata, perdagangan, maupun sarana dan prasarana,” gagasnya.

Pengembangan sektir pariwisata adalah wujud implementasi visi dan misi Kota Baubau. Dengan landasan falsafah PO-5 yang dielaborasi dari nilai-nilai luhur budaya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Baubau, Idrus Taufik Saidi, mengungkapkan, pihaknya sangat mengharapkan dukungan penuh Pemerintah Pusat dan daerah dalam mendukung pengembangan pariwisata. Sehingga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Kota Baubau bisa memiliki daya saing.

“Untuk teknisnya, kami akan mempersiapkan dokumen juga regulasi dan hal-hal pendukung lainnya yang akan dibutuhkan nanti,” pungkasnya. (b/ahi)