(foto: lm. syuhada ridzky/kendari pos)
Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin (kiri) menyerahkan cenderamata kepada Kepala SMAN 1 Kendari Ruslan, S.Pd.,M.Si usai menjadi narasumber dalam program dialog Santun dan Inspiratif di platform video Kendari Pos Channel, di Studio News Cafe, Graha Pena, Selasa (5/10).

–Tekad Ruslan Melahirkan Generasi Unggul dan Berkualitas–

KENDARIPOS.CO.ID– Menjadi guru memang sudah ditabalkan Ruslan sejak kecil. Ketika cita-citanya terwujud, pria yang kini menjabat Kepala SMAN 1 Kendari itu meneguhkan tekadnya untuk melahirkan generasi unggul dan berkualitas. Jalan menuju tekad bulat itu sudah diretasnya sejak muda. Kini Ruslan masih setia merawat komitmennya dengan mempersembahkan kerja keras, pantang menyerah, menelurkan ide cemerlang, dan berinovasi demi mewujudkan pendidikan berkualitas.

“Saya akan teguh mengabdi dan melahirkan generasi cerdas tiada henti demi kemajuan daerah dan bangsa. Saya kira, komitmen ini terpatri jua dalam diri setiap guru di negeri ini,” ujar Ruslan saat tampil di kanal youtube Kendari Pos Channel, Selasa (5/10) kemarin.

Ruslan mengatakan sudah menjadi tugas dan kewajiban guru mengabdi kepada negara dengan berkarya tanpa henti. Bagi Ruslan, melakukan transfer knowledge kepada siswa demi meraih cita-cita bangsa adalah tugas mulia. Menurutnya, pengabdian itu diimplementasikan dengan melahirkan berbagai inovasi dalam setiap kebijakan untuk kemajuan pendidikan di lembaganya.

“Jangan pernah lelah melahirkan gagasan cerdas. Sebagai kepala sekolah, kita harus terus berpikir untuk mengembangkan sekolah menjadi lebih baik, mulai dari aspek fasilitas, peningkatan kompetensi guru, dan peningkatan intelektual siswa,” jelasnya.

Tiga aspek itu sangat penting untuk meraih hasil terbaik. Selama menjabat kepala sekolah

di tiga sekolah berbeda, yaitu SMAN 10, SMAN 4, dan saat ini di SMAN 1 Kendari, Ruslan selalu fokus pada peningkatan fasilitas penunjang kemajuan pendidikan. “Tidak bisa dipungkiri, fasilitas lengkap akan memberikan nilai lebih. Artinya ketika sarana dan prasarana pembelajaran di sekolah lengkap, akan sangat memudahkan siswa untuk belajar dan berkreasi. Saya yakin, ketika semua kebutuhan itu terpenuhi, berbagai prestasi mudah dicapai, dan itu terbukti hampir di seluruh sekolah,” jelasnya.

Ruslan mengakui, ketersediaan fasilitas tidak bisa dilakukan oleh pihak sekolah sendiri. Membangun jejaring dan merawat komunikasi dengan berbagai pihak mutlak dilakukan. Saat ini, SMAN 1 Kendari, sedang membangun masjid. Jika hanya mengandalkan pihak sekolah dengan dana BOS maka sangat sulit terwujud. “Untuk itu kami bersama Ikatan Alumni (IKA) membangun masjid,” ungkapnya.

Aspek kedua, peningkatan kompetensi guru. Selama menjadi kepala sekolah, Ruslan selalu mengusahakan agar guru-guru di sekolahnya bisa memiliki soft skill yang baik dan berkualitas. “Majunya sebuah lembaga pendidikan akan ditentukan oleh gurunya. Untuk itu kami para guru harus terus berkembang dengan meningkatkan kemampuan dan menyesuaikan diri terhadap perkembangan zaman. Karena kami selalu menjadi pondasi para siswa dalam menimba ilmu pengetahuan,” papar Ruslan.

Mantan Kepala SMAN 4 Kendari itu menegaskan, peningkatan kompetensi guru akan terus dilakukan. Bukan hanya guru di lembaganya namun peningkatan kompetensi dirinya selaku kepala sekolah. “Dengan terus mengupgrade kemampuan diri, maka saya yakin kita tidak akan tertinggal, dan selalu bisa menyesuaikan dengan pola pendidikan yang sekarang,” ucapnya.

Menurutnya, peningkatan skill guru akan berkaitan dengan pola mengajar dan berpengaruh langsung kepada siswa. Guru berkualitas sudah pasti akan melahirkan siswa cerdas dan hebat pula. “Intinya  adalah kami sebagai guru akan selalu memberikan yang terbaik bagi siswa. Saya selalu mengingatkan peserta didik tentang betapa pentingnya pendidikan yang menjadi jalan mereka menuju puncak kesuksesan. Dan tugas kami adalah menuntun siswa menggapai masa depannya,” tutup Ruslan. (ilw/d)