Deklarasi Tapulaga, Optimistis

KENDARIPOS.CO.ID — Suasana rapat program kerja yang digelar Kendari Pos berbeda dari sebelumnya. Direksi, manajemen dan karyawan Kendari Pos memilih membahas realisasi program kerja tahun 2021 dan rencana program kerja tahun 2022 di sebuah vila yang terletak di atas perairan laut Kelurahan Tapulaga, Kabupaten Konawe.

Kemarin, 30 September, Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos Irwan Zainuddin memimpin rombongan Kendari Pos menuju Vila Tapulaga. Dari Graha Pena, objek wisata itu ditempuh dengan jalan darat sekira 20 menit. Vila dijangkau dengan moda transportasi laut; kapal rakyat dengan membutuhkan waktu sekira lima menit. Deretan vila yang dibangun diatas laut itu terlihat dari permukiman penduduk.

Direksi, manajemen dan karyawan lintas divisi Kendari Pos pose bersama usai rapat umum pembahasan realisasi program kerja 2021 dan proyeksi program kerja 2022 di Vila Tapulaga, Kabupaten Konawe, Kamis (30/9).

Pertemuan itu, oleh Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin dinamakan deklarasi Tapulaga. Ia optimistis Kendari Pos akan lebih baik bila semua karyawan komitmen membangunnya. Sebuah perusahaan bisa mati bukan karena pesaing yang banyak, tapi karena adanya pengkhianat di internal.

Karyawan harus selalu membawa panji-panji Kendari Pos di mana pun berada. Karenanya, harus menunjukkan kualitas diri. Kendari Pos akan terus eksis karena menyajikan karya jurnalistik yang berkualitas. “Saat ini di era disrupsi, bukan soal apa platform-nya. Tapi apa dan seberapa berkualitas konten yang disajikan buat publik,” ujarnya, Kamis (30/9) kemarin.

Pemimpin Redaksi Kendari Pos Inong Saputra (kanan) mempresentasikan porgram kerja dan rencana liputan divisi redaksi di tahun 2022

Ia menyatakan jurnalis Kendari Pos harus berkualitas, karyanya pun demikian. “Koran Kendari Pos harus menyuguhkan berita sesuai kebutuhan masyarakat,” ungkapnya. Di era bertumbuhnya media online, kata dia, jurnalis Kendari Pos harus tetap memegang teguh kode etik dalam menyiarkan berita.

Manajer Event Organizer Kendari Pos Nursyamsi Abidin (pegang mic) memaparkan rencana garapan event dan giat kolaborasi di tahun 2022 mendatang

Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin mengakui ada media cetak yang mati, tapi bagi dia media online lebih banyak yang off. Hanya saja media online tak berbangkai karena dunia yang berbeda. Namun media cetak bisa akan terus berkembang, seperti di Amerika saat ini, bila kualitas jurnalis semakin tinggi. “Karena itu kualitas sumber daya manusia (SDM) jurnalis Kendari Pos akan kita tingkatkan, dengan berbagai pelatihan maupun uji kompetensi. Sehingga karya yang dilahirkan berkualitas,” katanya. (dan)

Kualitas SDM Jurnalis Kendari Pos Akan Ditingkatkan