FHIL UHO FOR KENDARI POS
Dekan FHIL UHO, Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si (keempat dari kanan) bersama lima pemenang esai terrbaik iBatik USI Unesco didampingi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FHIL UHO, Dr. Sahindomi Bana, SP, MP (kanan) dan Koordinator iBatik UHO, Arniawati, S.Hut., M.Si., (kiri).

KENDARIPOS.CO.ID– Dukungan Dekan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO), Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si terhadap kegiatan Workshop User Experience iWareBatik yang berkedudukan di Universita’ della Svizzera Italiana (USI) Lugano Swiss, membuahkan hasil.

Dalam rangkaian workshop yang berskala internasional tersebut, UHO mengikutkan 80 mahasiswa jurusan Ilmu Lingkungan FHIL UHO secara virtual pada tanggal 14 September 2021 lalu. Dari hasil penilaian panitia, lima mahasiswi FHIL UHO berhasil memperoleh nilai esai tertinggi dan memenuhi syarat untuk berlaga di tahap selanjutnya. Lima mahasiswi tersebut adalah Febbi Nurrahmawati Djafar, Leni

Yerlinda, Aisyah Wulandari, Sinta Ningsih A, dan Emalia Deska L. 

Perwakilan iWareBatik dari UHO Arniawati, S.Hut., M.Si menjelaskan bahwa kelima mahasiswa UHO terpilih berdasarkan dari penilaian atas esai yang telah dibuat masing-masing peserta dan diseleksi oleh beberapa juri yang kompeten di bidangnya yang dilaksanakan secara daring langsung dari Swiss. 

“Kelima mahasiswa terpilih ini disatukan menjadi satu kelompok UHO yang akan mengikuti seleksi selanjutnya dalam ajang Hackaton iWareBatik. Mereka akan mempresentasikan ide pengembangan iWareBatik pada puncak acara iWareBatik Hackaton Event 2021 pada tanggal 15 Oktober 2021,” ungkap Arniawati.

Kata Arniawati, mereka diberikan dua misi utama yaitu pembuatan idea snapshot video dengan tema “I am iWareBatik Generation, My Heritage, My Inspiration” dan misi kedua yaitu idea presentation and video. Masing-masing akan dilaksanakan melalui virtual zoom meeting menggunakan bahasa Inggris di depan para juri.

Sehubungan dengan itu, Dekan FHIL UHO, Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si memberi perhatian khusus dengan membentuk tim pendamping yakni Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Sahindomi Bana, SP., M.Si dan Ketua Jurusan Ilmu Lingkungan, La Ode Siwi, SP, M.Si sekaligus sebagai pengampu mata kuliah Ekowisata. Keduanya akan melakukan pendampingan intensif kepada lima mahasiswa FHIL terpilih dalam melakukan persiapan sehingga bisa menjadi kelompok terbaik.

“Kegiatan ini diharapkan dapat terus menghidupkan semangat dan nilai positif pada diri mahasiswa sebagai generasi muda untuk terus berkarya dalam menjaga nilai-nilai budaya dalam rangka mendukung ekowisata berkelanjutan,” ujar Prof. Aminuddin. 

Mantan Ketua Senat UHO itu menuturkan bahwa keikutsertaan tim mahasiswa juga sekaligus untuk mengenalkan Universitas Halu Oleo secara umum dan khususnya Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan sebagai salah satu fakultas yang mampu bersaing tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga di tingkat internasional. 

Sebagai tambahan informasi, rangkaian workshop (sharing class) iWareBatik merupakan platform pertama USI UNESCO untuk preservasi sastra nusantara dan promoting village heritage yang berlangsung sebanyak 17 batch mulai dari 12 Agustus sampai 25 September 2021 secara daring.

Kegiatan tersebut didukung oleh beberapa lembaga di antaranya Caventer, Pesona Desa,
Milangkori, dan Kanca Nusantara serta diikuti oleh 33 perguruan tinggi di Indonesia diantaranya Universitas Negeri Jakarta, Universitas Airlangga, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Padjajaran, Universitas Gadjah Mada, Universitas Syiah Kuala, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, UIN Raden Fatah, STP Riau, STIEPAR Bandung, Universitas Dian Nuswantara, Universitas Pattimura, Universitas Maranatha, Universitas Udayana, Universitas Pancasila, Universitas Jember, Universitas Cendrawasih, Universitas Halu Oleo, dan beberapa universitas lainnya. (uli/b)