Suasana peningkatan kapasitas terhadap Linmas Desa diKabupaten Muna dalam menjaga kamtibmas

KENDARIPOS.CO.ID–Kemampuan anggota satuan perlindungan masyarakat (Linmas) desa di Kabupaten Muna dalam menjaga kondusivitas daerah ditingkatkan. Oleh Pemkab dan Polres Muna, mereka dilatih menangani gangguan Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Kepala Bidang Keuangan dan Aset Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Muna, Ikhsan Rantas mengatakan, pelatihan tersebut digelar selama 11 hingga 13 Oktober. Peserta pelatihan merupakan anggota satuan Linmas desa dari 124 desa yang ada di Muna.

“Setiap desa mengutus dua Linmas. Jadi lebih kurang 248 peserta,” jelasnya, Rabu, (13/10).

Ia menerangkan, kegiatan itu diselenggarakan DPMD dan melibatkan anggota Polres Muna. Keterlibatan Polres dikarenakan lembaga yang kapabel memberikan materi berkaitan Kamtibmas ialah korps bhayangkara. Para Linmas diberikan pemahaman ihwal pemetaan potensi kerawanan, cara penanggulangan gangguan Kamtibmas dan langkah koordinasi dengan aparat keamanan.

“Jadi Linmas dibekali kemampuan tanggap Kamtibmas karena wilayah Muna cukup luas dengan potensi gangguan Kamtibmas yang selalu ada. Apalagi, dilain sisi, ada keterbatasan aparatur keamanan sehingga unsur desa harus diberdayakan dalam menjaga Kamtibmas,” paparnya.

Ia menambahkan, untuk mengikuti kegiatan pelatihan itu, setiap desa dibebankan biaya sebesar Rp 3 juta. Menurutnya, anggaran itu cukup rasional sebab digunakan untuk keperluan peserta, akomodasi pemateri dan biaya sewa hotel. Sumber dana kegiatan itu diambil dari alokasi dana desa (ADD) masing-masing desa. (ode/b)