Anggota Pramuka membagi-bagikan masker kepada pengguna jalan

KENDARIPOS.CO.ID– Vaksinasi menjadi salah satu cara terbebas dari pandemi covid-19. Tak heran, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Kendari, Sulkarnain Kadir tak henti mengajak seluruh jajaran pengurus dan kader ikut menyukseskan program vaksinasi covid-19. Upaya ini penting untuk mewujudkan herd immunity.

Dukungan pramuka dalam mengkampanyekan vaksinasi, akan sangat membantu pemerintah dalam menangkal informasi negatif seputar vaksin. Hingga kini, masih banyak berseliweran informasi yang tidak jelas sumbernya dan tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Saya harap seluruh kader pramuka Kota Kendari, bisa ikut ambil bagian mengkampanyekan program ini. Bagi anggota gerakan pramuka, bersikap jelas, terarah dan menjaga persatuan sudah menjadi pedoman gerakan. Tentu infomasi yang kita sampaikan kepada masyarakat harus sesuai data dan fakta bahwa vaksin aman dan halal,” kata Sulkarnain Kadir saat membuka Lomba Giat Pramuka II yang digelar Gugus Depan (Gudep) Pangkalan SMAN 4 Kendari.

Sosialisasi cuci tangan yang benar termasuk pembagian hand sanitizer

Para kader pramuka kata dia, harus bisa meyakinkan masyarakat di lingkungan sekitarnya atau paling tidak keluarga dan teman sejawatnya bahwa vaksin covid-19 aman untuk manusia. Sebab vaksin sudah melalui uji klinis oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) serta telah mendapatkan pengakuan halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Sudah jelas, kedua lembaga itu tidak mungkin menggadaikan kredibilitasnnya hanya untuk sesuatu yang beresiko bagi masyarakat. Oleh karena itu, saya minta seluruh gerakan pramuka ikut mendukung dan mengkampanyekan program vaksinasi ini,” kata Sulkarnain Kadir.

“Selain itu, saya minta seluruh anggota pramuka untuk juga mengkampanyekan protokol kesehatan 3M kepada masyarakat. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Karena hanya cara ini yang bisa kita tempuh untuk menyelamatkan masyarakat dan bangsa dari Covid-19,” ujarnya. (b/ags)