I NGURAH PANDI SANTOSA / KENDARI POS
Penyerahan hibah lahan yang ditandai penandatanganan nota hibah antara Bupati Buton La Bakry (dua dari kiri) bersama Danrem 143 Halu Oleo, Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan (tiga dari kiri) dan disaksikan Gubernur Sultra, Ali Mazi (kiri) di Rujab Gubernur Sultra, Selasa (5/10) kemarin.

–Hibahkan Lahan Pembangunan Korem, Kado HUT ke-76 TNI
KENDARIPOS.CO.ID– Bupati Buton La Bakry membuktikan komitmennya mendukung peran strategis TNI dalam menjaga keutuhan NKRI. La Bakry mendukung rencana berdirinya Komando Resor Militer (Korem) di Kabupaten Buton. Atas nama Pemkab Buton, Bupati La Bakry menghibahkan sekira 100 hektare lebih lahan untuk lokasi pembangunan markas Korem.

Seremoni penyerahan hibah digelar di sela-sela peringatan HUT ke-76 TNI di Rujab Gubernur Sultra, Selasa (5/10) kemarin. Bagi TNI, persembahan itu menjadi kado di HUT tahun ini. Bupati La Bakry bersama Danrem 143 Halu Oleo, Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan bertandatangan dalam nota hibah yang disaksikan Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Bupati La Bakry mengatakan, penyerahan hibah lahan itu merupakan wujud dukungan Pemkab untuk kerja-kerja TNI. Suatu ketika kata dia, Pangdam Komando Daerah Militer XIV Hasanuddin berkesempatan menyambangi Kabupaten Buton. Dari situ, diskusi berkembang yang menghasilkan kesimpulan sementara bahwa Kabupaten Buton strategis untuk berdirinya Korem. “Dari aspek geografis saya rasa kita perlu dibangun gelar satuan TNI-AD dalam bentuk Korem,” kata La Bakry kepada Kendari Pos, kemarin.

Posisi strategis dimaksud La Bakry bahwa Buton berdekatan dengan negara lain seperti Australia dan Timor Leste. Sehingga jika ada satuan-satuan TNI maka tingkat pertahanan dan keamanan wilayah akan semakin kokoh. Dan masyarakat lebih percaya diri karena merasa lebih aman dan tenang. “Olehnya itu kami sangat mendukung adanya Korem di Buton, untuk wilayah kepulauan Buton,” tambahnya.

Bupati merinci lahan dimaksud tersebar di tiga kecamatan. Yaitu Kecamatan Wabula, Pasarwajo dan Siontapina. Diantaranya, di Kecamatan Wabula tepatnya yaitu di Desa Koholimbono disiapkan seluas 8 hektar untuk Rumah Sakit Korem. Sementara untuk Markas Korem direncanakan di Desa Kondowa Kecamatan Siontapina dengan luar 6 hektare. Datasemen Polisi Militer (Denpom) akan dibangun di Kelurahan Kombeli Kecamatan Pasarwajo dengan luas lahan 6 hektare. Sementara itu, pemerintah juga siap menyiapkan 30 hektare untuk sejumlah detasemen di kelurahan Awainulu. Batalion Infanteri ada di Desa Gunung Jaya Kecamatan Siontapina seluas 50 hektare.

Di La Bakry, hibah tanah itu belum dikuatkan dengan sertipikat keseluruhan. Namun ia menjamin semua lahan yang diserahkan itu sudah melalui proses negosiasi bertahap dengan warga. La Bakry juga berkomitmen akan mengawal aset daerah itu untuk disertipikatkan secara menyeluruh. “Sertipikatnya sudah dikomunikasikan dengan Kepala BPN untuk segera dibuatkan, sesuai ketentuan yang berlaku,” katanya.

Sebelumnya, Pemkab Bupati Buton bersama Dandim 1413 Buton Letkol Arm Muhammad Faozan, sudah turun meninjau lokasi tanah yang dihibahkan. Selain menyiapkan kawasan pembangunan gelar satuan, Pemkab Buton juga sudah merancang pembukaan jalan baru di wilayah itu. Sehingga mempercepat progres pembangunan fasilitas negara tersebut. “Nanti kita bangunkan jalan. Rencananya dengan sekira 12 meter,” tutup Bupati La Bakry. (lyn/b)

Bupati dan Dandim Buton Sudah Meninjau Lokasi

I NGURAH PANDI SANTOSA / KENDARI POS
Penyerahan hibah lahan yang ditandai penandatanganan nota hibah antara Bupati Buton La Bakry (dua dari kiri) bersama Danrem 143 Halu Oleo, Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan (tiga dari kiri) dan disaksikan Gubernur Sultra, Ali Mazi (kiri) di Rujab Gubernur Sultra, Selasa (5/10) kemarin.