KETERANGAN GAMBAR: Kades Marobea, Muslimin Salim alias Cak Imink (tengah) foto bersama usai pemberian bantuan, Jumat (15/10/2021).

Kendari pos.co.id – Kepala Desa (Kades) Marobea, Muslimin Salim menunjukkan kualitasnya sebagai seorang pemimpin. Meski usianya masih muda, namun visinya jauh ke depan. Melampaui usianya. Tak heran berbagai program cerdas lahir dari pemikirannya.

Sebagai seorang pemimpin di Desa Marobea, pria murah senyum yang akrab dengan sapaan Cak Imink ini, punya keinginan besar memajukan desanya. Salah satunya dari sektor pendidikan. Komitmen itu sudah tertuang dalam visi misi desa.

Bukti kerja nyata Cak Imink dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan masyarakat terlihat, Jumat (15/10/2021). Bertempat di Balai Pertemuan Desa Marobea, alumni Pendidikan Fisika FKIP UHO ini menyerahkan bantuan baju seragam gratis kepada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan TPQ Muslimah Desa Marobea.

“Jumlah bantuan yang kami serahkan sebanyak 25 baju. Terdiri dari baju seragam TK Nasional, Baju Batik, dan Baju Olahraga. Bantuan ini bersumber dari Dana Desa 2021. Dengan total anggaran Rp. 12,5 juta. Sebagai kepala desa, saya mengucapkan terima kasih kepada orang tua/wali peserta didik yang antusias mengikuti kegiatan ini,” ungkap Muslimin Salim dalam keterangan tertulis yang diterima Kendari pos.co.id, Jumat (15/10/2021).

Program pemberian bantuan Ini, lanjut Cak Imink sebagai bentuk realisasi visi misi desa, yakni meningkatkan kualitas pendidikan. “Semua sudah termuat dalam RPJM Des. Insyaallah, bantuan ini akan terus berkelanjutan sampai akhir periode saya sebagai kepala desa,” janjinya.

Pemberian bantuan ini juga, sebagai bentuk sinergi program Pemerintah Kabupaten Muna Barat dengan Pemerintah Desa. Selama ini, Pemkab memberikan bantuan seragam SD dan SMP. Sementara, Pemerintah Desa Marobea memberikan bantuan baju seragam gratis PAUD.

“Hal ini kami lakukan dalam rangka memberikan jaminan pendidikan sejak usia dini. Sehingga harapannya tidak ada lagi anak yang tidak mengikuti jenjang pendidikan di PAUD hanya karena kendala ekonomi,” jelasnya.

Atas nama Pemerintah Desa Marobea, Cak Imink mengajak seluruh peserta didik, untuk terus meningkatkan semangat belajar. Sebab, tonggak kepemimpinan masa depan ada di tangan mereka.

“Anak PAUD sekarang adalah calon pemimpin masa depan. Makanya, sebagai pemimpin desa, harus memberikan bekal pendidikan yang memadai,” tegasnya. Program ini juga sebagai bentuk dukungan dalam upaya pencapaian SDGs ke-4 secara nasional. Dalam hal ini desa peduli pendidikan. (*/KP)