Kadampi Makanan khas masyarakat Buteng, (DISPAR BUTENG FOR KENDARI POS )

KENDARIPOS.CO.ID– Kadampi, salah satu makanan khas Kabupaten Buton Tengah (Buteng) berebut gelar juara di ajang penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021. Camilan berbahan dasar ubi kayu yang diparut itu berada di posisi keempat dalam daftar enam nominasi terbaik makanan tradisional periode voting 1 Juli sampai 31 September 2021.

Butuh dukungan semua pihak terutama masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) agar Kadampi menjadi pemenang API Award 2021. Voting akan ditutup pada tanggal 31 Oktober 2021 “Kita sudah minta dukungan Pemerintah Daerah agar mengerahkan ASN (Aparatur Sipil Negara) untuk memberi dukungan melalui SMS, Youtube, maupun Instagram,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Buteng, Wujuddin saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Wujuddin mengatakan, tahun ini pertama kalinya makanan khas Buteng masuk nominasi makanan tradisional terbaik dalam ajang API Award. Pemilihan Kadampi tidak lain adalah untuk mengenalkan kearifan lokal dengan harapan agar Buteng tidak hanya dikenal dengan wisata pantai dan guanya melainkan juga kekhasan kulinernya. Apalagi bahan pokok Kadampi berasal dari ubi kayu, makanan pokok masyarakat Buteng. “Pada dasarnya kita mengikutsertakan Kadampi agar masyarakat Indonesia mengetahui ada yang khas dari Buteng.

Boleh jadi daerah lain juga memiliki makanan mirip Kadampi dengan nama yang berbeda. Kita mengenalkan sesuai nama kita. Ketika orang menyebut Kadampi, yang diingat Buteng. Dengan mengikuti kompetisi ini, terlebih jika menjadi juara, setidaknya nama Buteng akan semakin dikenal,” terangnya. Dijelaskan, Kadampi umumnya hanya ditemui di rumah tangga sebagai makanan ringan di rumah-rumah dan belum diperjualbelikan secara luas.

Melalui API Award yang merupakan wadah pengenalan potensi wisata dan makanan khas daerah, diharapkan kedepannya Kadampi bisa menjadi komoditas yang diproduksi dengan beragam kreasi. Pada akhirnya, ini akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat setempat. Ia mengajak semua elemen masyarakat memberikan dukungannya kepada Kadampi Buton Tengah agar menjadi pemenang di malam anugerah API Award 2021 yang rencananya diselenggarakan Desember mendatang.

Untuk diketahui, proses pembuatan Kadampi diawali dengan memarut ubi kayu basah kemudian memasukkannya dalam cetakan berbentuk kerucut seperti tumpeng. Di tengah cetakan, irisan gula merah ditaburkan untuk selanjutnya cetakan dikukus. Setelah matang, masih dalam keadaan panas, hasil kukusan ditekan-tekan agar berbentuk agak pipih melingkar. Setelah dipotong-potong, Kadampi yang menguarkan aroma khas perpaduan ubi kayu dan gula merah siap untuk dikonsumsi. (uli/b)