Kendaripos.co.id – Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Kantor Perwakilan Sulawesi Tenggara kembali menyalurkan bantuan kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang tersebar di wilayah Sulawesi Tenggara.

Kali ini, IZI Sultra menyalurkan program ekonomi, berupa bantuan modal usaha yang ditujukan kepada pelaku UMKM muallaf. Tepatnya, ada 4 muallaf yang menerima bantuan modal usaha. Mereka berasal dari wilayah Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan.

Salah seorang penerima manfaat bantuan usaha IZI Sultra bernama Maryam/Kristina (54 tahun). Dia seorang muallaf yang kesehariannya bekerja sebagai penjual kue. Ibu Maryam (nama muslimnya), menyampaikan terima kasih kepada para relawan IZI Sultra yang mendatangi kediamannya.

“Terima kasih kepada IZI Sultra yang telah memilih saya sebagai salah satu penerima manfaat program mulia ini. Saya sangat senang sekali. Insya Allah bantuan ini akan saya gunakan untuk mengembangkan usaha,” ungkap Maryam, Jumat (8/10/2021).

Maryam turut menceritakan kondisinya selama ini. Dia berjualan kue dengan penghasilan yang tidak menentu. Terkadang mendapatkan penghasilan cukup jika ada pesanan kue dalam porsi banyak. Walaupun kondisi seperti itu jarang sekali terjadi.

“Suami keseharian sebagai tukang ojek dengan penghasilan yang tidak menentu,” jelasnya. Dia melanjutkan ceritanya, tidak lama setelah beragama muslim, dirinya menjalankan usaha berjualan kue keliling ke pasar, sekolah dan rumah tetangga di kompleks. Namun sejak pandemi Covid, tidak lagi dilakukan. Karena tidak laku.

“Terpaksa saya hanya menerima pesanan orang saja. Namun itu sangat jarang. Saya lakukan ini karena membantu suami memenuhi kebutuhan keluarga,” katanya.

Relawan IZI Sultra, Fajar menjelaskan, program modal usaha ini merupakan bentuk apresiasi dermawan muslim. Disalurkan lewat IZI Sultra dan ditujukan khusus kepada para muallaf.

“Semoga dengan modal usaha ini, bisa membantu meningkatkan usaha mereka (penerima manfaat),” imbuh Fajar. (KP)