Ketua Kwarcab Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (duduk, tengah) didampingi Ketua Mabiran Pramuka Kendari Barat, Amir Yusuf beserta jajaran sempatkan foto bersama sebelum Musyawarah Ranting.

-Camat Kendari Barat jadi Ketua Kwarran

KENDARIPOS.CO.ID –Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga dan merawat semangat nasionalisme. Salah satunya melalui partisipasi dalam gerakan pramuka. Atas dasar itu, Pemkot Kendari berupaya mengaktifkan kembali kepramukaan yang sempat terdampak Covid-19.

Sebagai langkah awal, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengevaluasi program kerja dan kepengurusan kwarcab hingga kwartir ranting (kwarran). Dari hasil evalusi, beberapa kwaran telah habis masa kepengurusannya diantaranya kwaran Kendari Barat.

Ketua Kwarcab Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kanan) menyerahkan palu sidang Kwarran kepada salah satu pimpinan Musyarah Ranting Gerakan Pramuka Kendari Barat.

Sulkarnain langsung memimpin musyawarah dan menginstruksikan segera dibentuknya kepengurusan yang baru. “Sebagai Mabiran (Majelis Pembimbing Ranting) , saya harap pak Camat bisa memimpin kwarran Kendari Barat,” kata Sulkarnain Kadir.

Di masa pandemi covid-19, pramuka tidak boleh menyerah dan justru jadi tantangan agar terus kreatif. Pada dasarnya, pramuka dilatih untuk bisa berinovasi, berfikir dan mencari soluasi mengatasi setiap masalah. “Saya yakin pak Camat bisa membimbing adik-adik yang ada di gugus depan (Gudep),” tambahnya.

Dalam rangka pembinaan, pengembangan dan penyelenggaraan kegiatan tingkat ranting sambungnya, kwaran wajib bersinergi dan membangun kerjasama dengan pemerintah dan seluruh stake holder masyarakat.

“Untuk itu saya berpesan kepada camat selaku Ketua Mabiran dapat berperan secara nyata dan aktif serta dapat memberikan bimbingan dan bantuan secara konseptual, efisien dan efektif. Harus ada hubungan, koodinasi, kerjasama yang serasi dan sangat erat antara Kwarran dan Mabiran. Sebab Mabiran merupakan saluran hubungan timbal balik antara kwarran dengan instansi pemerintah maupun masyarakat,” kata Sulkarnain Kadir. (c/ags)