HELMIN TOSUKI/KENDARI POS
DUKUNG: Bupati Konut, H. Ruksamin (ketiga dari kiri) ketika menyerahkan dana pembinaan sebagai bentuk apresiasi Pemkab terhadap prestasi dua atlet asal daerah itu di ajang PON XX Papua.


KENDARIPOS.CO.ID– Perhatian Bupati Konawe Utara (Konut), H. Ruksamin terhadap dunia olahraga di daerah, diperlihatkan. Dua atlet asal Konawe Utara dari cabang da­yung, Julianti dan Aulia Galib, mendapat sambutan dan apresiasi luar biasa dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) pasca berprestasi menyumbangkan medali pada ajang PON XX Papua.

Perhatian dan dukungan itu direalisasikan dalam bentuk pemberian bonus pada kedua atlet yang telah mengharumkan nama Konut dan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Julianti dan Aulia Galib yang menjadi kebanggaan Konut merupakan warga Desa Landawe, Kecamatan Oheo. Mereka memersembahkan tiga medali emas. Kedua atlet tersebut kini telah berada di Bumi Anoa sejak tanggal 10 Oktober. Kedua Kartini tangguh itu juga diberi dana pembinaan sebesar Rp 75 juta dari Pemkab Konut dan pihak swasta senilai Rp 50 juta. Sehingga total yang diterima sebesar Rp 125 juta.

“Jangan hanya berhenti di PON Papua, tapi saya ingin kalian bisa meng­harumkan nama Indonesia, khususnya Sulawesi Tenggara dan Konawe Utara dipentas internasional,” pinta Ruksamin saat menyerahkan hadiah pada kedua atlet dayung. Sementara atlet dayung, Julianti, mengapresiasi perhatian Bupati Konut, Ruksamin dalam memberikan dukungan terhadap dunia olahraga, terutama cabang dayung. “Saya ucap­kan terima kasih yang sebesar-besarnya pada Pemkab Konut atas dukungannya,” kata Julianti.

Penyerahan dana pembinaan yang dilakukan Bupati Konut, Ruksamin didampingi Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, M. Khalik serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Ld. Amanuddin.

Diketahui, Julianti meraih medali emas di cabor dayung women singel scull (W1X), kemudian Julianti bersama Aulia Galib kembali mendulang emas pada nomor women’s fair (W2-) dan terakhir, Julianti bersama Aulia Galib, Ambarani dan Nevi merebut medali emas pada nomor women four minus (W4-). (c/min)