KENDARIPOS.CO.ID — Jelang perhelatan Pesparawi Nasional XIII di Yogyakarta, Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Sultra terus melakukan seleksi peserta yang akan diutus. Kemarin, LPPD menggelar lomba nyanyi solo anak, remaja dan pemuda. Di ajang Pesparawi nanti, kontingen Sultra turun di 12 kategori yang diperlombakan.

Ketua Panitia lomba, Pdt. Noviana B Panginan mengatakan, lomba nyanyi solo anak, remaja dan pemuda diikuti 27 peserta dari sejumlah daerah di Sultra. Lomba solo anak untuk katergori usai 7-9 tahun. Remaja usia 13 tahun dan pemuda untuk usia 16 hingga 24 tahun. Perlombaan ini bagian dari seleksi yang akan mewakili lomba Solo pada Pesparawi Nasional XIII di Yogyakarta.

“Mereka yang juara akan diutus mewakili Sultra ke Pesparawi tingkat nasional,” ungkapnya di sela-sela audisi yang digelar di Plaza Inn Hotel Kendari, Jumat (22/10).

Pemenang lomba solo tingkat anak-anak. Jelang perhelatan Pesparawi Nasional XIII di Yogyakarta, Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Sultra terus melakukan seleksi peserta yang akan diutus. I NGURAH PANDI SENTOSA/KENDARI POS

Hal senada diungkapkan ketua LPPD Sultra, Sieltje Maramis Pangkerego. Ia mengatakan berkaca tahun tahun sebelumnya, biasanya lomba ini diserahkan pada masing-masing LPPD Kabupaten dan Kota. Dari pengalaman sebelumnya, hal itu kurang maksimal karena kekurangan materi peserta. Maka dari itu, berdasarkan rapat pengurus yang mengadakan lomba kali ini adalah LPPD Sultra.

“Dari 17 Kabupaten atau Kota, baru delapan daerah yang memiliki LPPD di Sultra. Makanya kita buat terpusat, diikuti peserta dari seluruh kabupaten dan kota. Nantinya juara 1 akan mewakili Sultra ke Pesparawi Nasional,” ujarnya.

Pesparawi Nasional XIII sambungnya, rencananya akan diselenggarakan pada tahun 2022 mendatang. Dalam Pesparawi nasional mendatang akan melombakan 12 kategori. Untuk utusan Sultra sementara disiapkan semuanya. “Kami mematangkan persiapan sehingga pada Pesparawi Nasional XIII di Yogyakarta mendapatkan hasil yang maksimal,” pungkasnya. (c/ndi)