Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio

–Besok, Hasil Seleksi PPPK Guru Honorer Tahap I Diumumkan
KENDARIPOS.CO.ID–8 Oktober, besok, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan mengumumkan hasil seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru honorer tahap I. Bagi yang belum beruntung alias gugur di tahap I, harapan menjadi PPPK belum pupus. Masih ada seleksi kompetensi tahap II. Jika keberuntungan belum berpihak, jangan patah semangat, seleksi tahap III jadi perjuangan terakhir

Kepala Bidang Kepegawaian dan Mutasi, BKD Sultra, Kadir mengatakan, pemerintah membuka peluang bagi mereka yang belum lulus pada seleksi PPPK tahap I. “Masih ada kesempatan pada seleksi tahap II dan III. Dalam seleksi PPPK, apabila ada formasi yang tersisa dan belum terisi pada seleksi I maka akan dilakukan seleksi II dan III sampai kuota terpenuhi semua. Itu sesuai Permenpan,” ujarnya kepada Kendari Pos, Rabu (6/10) kemarin

Sayangnya, Kadir belum menyebutkan jadwal pasti pelaksanaan seleksi kompetensi II dan III PPPK guru. “Kita tunggu saja. Setelah pengumuman seleksi tahap I ini, biasanya ada surat dari pusat terkait itu. Untuk itu, bagi peserta yang belum lulus pada tahap I, segera persiapkan diri untuk seleksi kompetensi tahap II dan III,”jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio memastikan masih ada seleksi tahap II dan III. Bila kuota PPPK guru pada seleksi kompetensi tahap I belum terpenuhi maka akan dilakukan seleksi lagi. Asrun Lio menyebut seleksi berikutnya dimungkinkan digelar pertengahan Oktober hingga November. “Kesempatan ini sangat terbuka untuk guru-guru kita di Sultra. Yang saya tahu itu sekitar pertengahan Oktober hingga November untuk kompetensi tahap II PPPK guru. Tapi untuk waktu pastinya kita belum dapat sebutkan secara rinci,”ujarnya.

Terkait jadwal pengumuman hasil seleksi PPPK tahap I pada 8 Oktober besok diungkapkan pula Kepala Dinas Dikbud Sultra, Asrun Lio dan Kabid Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi BKPSDM Kota Kendari, Abdul Salam. Dasarnya adalah surat Kemendikbudristek Nomor 67541/A6/HM.01.00/2021 tanggal 4 Oktober 2021.

Asrun Lio menambahkan, dari total 2.954 pendaftar PPPK guru, kuota yang diterima hanya setengahnya. “Kuota kita untuk PPPK guru berjumlah 1.035 orang. Kami berharap kuota ini bisa terisi semua oleh para peserta. Kalaupun kuota belum terpenuhi, akan dilakukan seleksi kompetensi tahap II. Misalkan dari 1.035 orang itu hanya lima ratus yang lulus, maka sisa kuota bakal diisi peserta yang lulus kompetensi tahap II. Selanjutnya, jika kuota masih belum terpenuhi, maka seleksi tahap III hingga kuota di Sultra benar-benar terpenuhi semua, ” bebernya.

Sementara itu, 445 peserta seleksi kompetensi PPPK guru lingkup Pemkot Kendari tengah menanti pengumuman dari Kemendikbud. Kabid Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi BKPSDM Kendari, Abdul Salam mengatakan penentuan kelulusan mengacu pada nilai ambang batas (passing grade).
“Bagi yang gagal tidak perlu patah semangat karena masih ada seleksi tahap II dan III. Kami berharap kuota yang tersedia dapat terpenuhi,” kata Abdul Salam, kemarin.

Sekedar informasi, nilai ambang batas PPPK tahun ini diatur dalam Keputusan Menpan RB Nomor 1127 Tahun 2021 untuk guru. Nilai ambang batas PPPK guru terdiri dari tiga bagian yakni seleksi kompetensi teknis, nilai kumulatif maksimal 500 poin, nilai ambang batas seleksi kompetensi manajerial dan sosiokultural sekira 130, dan nilai ambang batas tahap wawancara sekira 24 poin.

Sebelumnya, Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Sesditjen GTK) Kemendikbudristek, Nunuk Suryani memastikan hasil seleksi PPPK guru honorer tahap I diumumkan pada 8 Oktober. Pengumuman sudah bisa diakses sekira pukul 10.00 WIB. “Iya betul (pengumuman hasil seleksi PPPK guru honorer),” jelas dia kepada JawaPos.com.

Adapun, untuk mengecek hasil seleksi, para peserta dapat membuka laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id. Nantinya, hasil seleksi juga akan disiarkan melalui kanal YouTube Kemendikbud RI. (rah/ags/b)