Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah Kabupaten Muna, La Mahi

KENDARIPOS.CO.ID– Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Muna segera memiliki gedung modern pada tahun 2022 mendatang. Pembangunan gedung tersebut rencananya akan dibiayai melalui dana alokasi khusus (DAK) tahun 2022 senilai Rp10 miliar.

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah Kabupaten Muna, La Mahi mengatakan, pembangunan gedung Perpusda sudah menjadi prioritas dalam setiap usulan kegiatan DAK kepada pemerintah pusat. Usulan tersebut pun kabarnya sudah mendapat lampu hijau.

“Salah satu usulan yang lolos untuk tahun 2020 adalah pembangunan gedung perpustakaan. Anggarannya dari DAK 2022,” jelasnya.

Ia menambahkan, lokasi gedung Perpusda itu akan dibangun di by pass Raha, samping kompleks Barugano Wuna. Konstruksinya didesain tiga lantai dengan konsep modern. Gedung tersebut juga nantinya akan menjadi kantor Dinas Perpustakaan Daerah yang selama ini belum memiliki bangunan tersendiri.
“Gedungnya tiga lantai dan lebih representatif dari yang sekarang,” paparnya.

Sebelumnya, Perpusda Muna ditempatkan di kompleks perkantoran Dinas Lingkungan Hidup. Di kantor saat ini, Perpusda itu tidak memiliki area baca karena keterbatasan ruangan yang ada. Perpusda sebenarnya memiliki ribuan koleksi buku. Namun keadaan kantor yang memperihatinkan membuat angka kunjungan sangat minim.

“Kita mau bangun pakai dana sendiri tapi minim, makanya selalu diusul lewat DAK. Insya allah tahun depan terealisasi,” imbuhnya. (ode/b)