KETERANGAN GAMBAR: ASN BKPSDM Kota Kendari foto bersama usai mengikuti tes kesehatan berkala, Jumat (15/10/2021).

Kendari pos.co.id – Sebanyak 85 aparatur sipil negara (ASN) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kendari mengikuti tes kesehatan berkala, Jumat (15/10/2021). Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Kendari dan Puskesmas Mekar. Lokasinya dipusatkan di Kantor BKPSDM Kota Kendari.

Petugas Puskesmas Mekar, dr. Sri Rahayu menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui dan mengukur kebugaran ASN di organisasi perangkat daerah (OPD). Supaya mereka bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Tes kesehatan berkala ini sangat penting bagi ASN Kota Kendari, khususnya BKPSDM. Kalau mereka sehat, pelayanan kepada masyarakat juga bisa optimal,” ungkap dr Sri Rahayu disela kegiatan.

Kegiatan dimulai dengan cek fisik, berupa pengukuran tinggi dan berat badan, pengukuran tinggi darah (tensi). Kemudian, dilanjutkan dengan pengukuran kolesterol, jantung, dan diabetes.

“Kegiatan ini juga dibarengi dengan jalan santai sejauh 1,6 km dan senam bersama ASN BKPSDM,” jelasnya.

Cek kesehatan berkala merupakan Inovasi PIS-PK (program sehat dengan pendekatan keluarga) dari Puskesmas Mekar. Ini adalah program nasional untuk mengetahui dan menurunkan jumlah penderita hipertensi, kolesterol dan penyakit jantung khususnya ASN Pemerintah Kota Kendari. (etno/*)