Second edu
Suasana pelatihan peningkatan mutu penelitian yang dihelat FHIL UHO di Hotel Claro Kendari.


–Tingkatkan Kualitas SDM

KENDARIPOS.CO.ID-Tak hanya mengajar, dosen pun dituntut memiliki kualitas dalam penelitian, sebagai bentuk tanggung dalam pengembangan tridharma perguruan tinggi. Menyadari hal ini, Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan Universitas Halu Oleo (FHIL-UHO) menggelar pelatihan peningkatan mutu penelitian dengan tema “Analisis Spesialis Dinamika Tingkat Lanjut Untuk Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Berkelanjutan” di Hotel Claro Kendari.

Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 29-30 September. Saat pembukaan, dihadiri secara langsung oleh Rektor UHO, Prof.Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si., M.Sc., serta sejumlah pihak terkait.

Saat membuka kegiatan, Prof. Zamrun memgapresiasi kegiatan tersebut. Pihaknya sangat mendukung kegiatan yang terkait pengembangan akademik. “Kampus selalu memberikan fasilitas. Selama itu mengarah pada pengembangan dan peningkatan kualitas kampus, tentu akan selalu kita dorong penuh. Kegiatan ini akan sangat memberikan output yang baik. Untuk itu, sebagai pimpinan universitas saya sangat memberikan apresiasi kepada FHIL yang terus melakukan berbagai inovasi dan kreativitas dalam meningkatkan mutu tridharma,” ungkapnya, beberapa waktu lalu.

Ketua KAGAMA Sultra ini, menilai FHIL telah melakukan apa yang menjadi visi misi UHO. Dimana pengembangan SDM menjadi target besar yang ingin dicapai, baik dari akademik maupun nonakademik.

“Intinya adalah peningkata kualitas dan kuantitas menjadi poin penting yang akan kita wujudkan. Olehnya itu, pengembangan kompetensi SDM itu harus betul-betul dioptimalkan. Saya imbau kepada seluruh fakultas agar segera melakukan berbagai terobosan dan inovasi, dalam meningkatkan kualitas SDM,” jelasnya.

Dekan FHIL UHO, Prof.Dr. Aminuddin Mane Kandari, M.Si., mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan membimbing para dosen agar bisa lebih baik dalam melakukan penelitian.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan skill dan kemampuan para dosen FHIL dalam melakukan penelitian. Kemampuan penelitian mereka bisa lebih berkualitas dan bisa bermanfaat bagi masyarakat luas. Karena penelitian bisa dikatakan sukses, jika bisa berguna bagi kehidupan manusia. Untuk itu, kita mengadakan kegiatan ini agar para dosen dalam melakukan penelitian, bisa betul-betul melakukannya secara maksimal,” paparnya.

Materi dalam kegiatan pelatihan menyangkut aspek-aspek penelitian, mulai dari langkah-langkah sampai tahapan akhir yang harus dilakukan dalam meneliti.

“Semuanya akan diberikan secara detail dalam pelatihan ini. Sehingga harapan terbesar kami adalah para dosen bisa menghasilkan penelitian yang sangat baik dan berkualitas, terutama mengenai masalah lingkungan yang tentunya bisa bermanfaat dan berguna untuk jangka panjang,” tandasnya. (ilw/b)