FHIL UHO FOR KENDARI POS
Penandatanganan MoU antara Dekan FHIL UHO, Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si., (tengah) dan Kepala System Dynamics Center (SDC), Dr. Irman Firmansyah (kiri) yang disaksikan langsung oleh Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun F, S.Si., M.Si., M.Sc (kanan).


KENDARIPOS.CO.ID– Jurusan Ilmu Lingkungan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar pelatihan analisis spasia dinamik tingkat lanjut untuk pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan berkelanjutan pada tanggal 29-30 September 2021. Kegiatan tersebut diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari stakeholder instansi pemerintah terkait se-Kota Kendari dan dosen lingkup FHIL UHO.

Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun F, S.Si., M.Si., M.Sc., saat membuka kegiatan pelatihan mengatakan, tujuan dari pelatihan itu adalah penguatan kompetensi dosen UHO yang muaranya akan meningkatkan pengetahuan mahasiswa UHO secara holistik dan revolusioner. Fokus kajian analisis spasial dinamik nantinya diarahkan untuk pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan di Indonesia khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara.

“Harapannya, kedepan FHIL UHO dapat menjadi pusat pemetaan spasial dinamik di wilayah Sulawesi Tenggara yang bisa dimanfaatkan tidak hanya oleh seluruh sivitas akademika UHO tapi juga termasuk semua stakeholder yang terdiri atas dunia usaha dan dunia industri serta instansi pemerintah terkait yang erat kaitannya dengan ruang lingkup kajian kehutanan dan lingkungan hidup,” ujar Prof. Zamrun.

Ia juga mengapresiasi Dekan FHIL dan jajarannya yang senantiasa mengedepankan silaturahmi dalam menggelar kegiatan, termasuk dilaksanakannya penandatanganan kerja sama dengan System Dinamic Center. Melalui kerja sama tersebut akan diperoleh dukungan yang semakin luas terhadap pengembangan berbagai program yang dijalankan UHO secara umum. “Benar bahwa hanya dengan silaturahmi kita bisa menjalankan program dengan baik menuju kualitas yang kita harapkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Dekan FHIL UHO, Prof. Dr. Aminuddin Mane Kandari, M.Si., menuturkan bahwa kegiatan tersebut sangat strategis mengingat UHO akan terus tumbuh dan berkembang dalam mengantisipasi dinamika masyarakat secara global.  Secara substansial, pelatihan itu bertujuan untuk mewujudkan penelitian yang benar dan berkualitas.

“Semua hanya bisa berhasil kalau kita secara bersama-sama mengikuti pelatihan dengan baik dengan penuh rasa kebersamaan untuk mewujudkan cita-cita bersama ini,” ujar Prof. Aminuddin.

Ia juga berharap kerja sama yang telah terjalin dapat  mendorong penguatan sumber daya manusia di UHO khususnya FHIL dalam bidang penelitian, pelatihan, big data, intelligence data laboratory dan lisensi software untuk semua civitas akademika FHIL UHO. Dr. Irman Firmansyah selaku narasumber dan Kepala System Dynamics Center (SDC) serta sebagai pengajar pada Program S3 PSL IPB University, menyampaikan apresiasi atas semangat dan kemajuan pengetahuan dari semua peserta walaupun hanya dua hari pelatihan, sekaligus mengemukakan harapannya atas kerja sama yang terjalin antara FHIL UHO dan SDC.

“Semoga semakin banyak mahasiswa maupun dosen yang terdorong untuk mulai melakukan riset dengan pendekatan-pendekatan yang lebih tajam dan terintegrasi (holistik) seperti Sistem Dinamik/Spasial Dinamik serta tools Decission Support System yang up to date,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga, Dr. Irman menjelaskan tentang program implementasi Sistem Dinamik kedepannya. Program yang akan dikembangkan dalam kerja sama itu antara lain penguatan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, penguatan rencana penelitian khususnya berbasis sistem dinamik dan intelligence data, melakukan penelitian bersama, penulisan jurnal ilmiah dan buku, pembentukan kelompok ahli sistem dinamik di UHO, pelaksanaan seminar nasional dan internasional, pengembangan repository system dynamics, serta masih banyak program strategis lainnya.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah penguatan/pembentukan Center Big Data atau Intelligence Data Laboratory yang lebih maju dan up to date dari lembaga lainnya termasuk penguatan big data instansi pemerintah. Menurutnya, universitas memiliki sumber daya yang besar khususnya dari mahasiswa yang dapat terus memperkaya data dengan program magang atau penelitiannya.

“Pembentukan Kelompok Ahli Sistem Dinamik di Kampus Universitas Halu Oleo juga dapat saling berkolaborasi dengan peneliti-peneliti Sistem Dinamik dari lembaga atau universitas lainnya yang tergabung dalam Asosiasi Sistem Dinamik Indonesia, untuk saling berkolaborasi dalam penelitian ataupun kegiatan tridharma perguruan tinggi lainnya,” ujarnya. (uli/b)