Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID– Pembenahan jalan di Kabupaten Buton Utara (Butur) terus ditingkatkan. Jalur transportasi darat baru, terus dibuka untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat di daerah berjuluk Lipu Tinadeakono Sara tersebut. Tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang menggelontorkan anggaran untuk pembangunan empat ruas jalan.

“Sebanyak empat ruas jalan dibangun. Yakni jalan Tri Wacuwacu-Bumi Lapero sebesar Rp 996 juta, ruas Bumi Lapero-Dampala Jaya dianggarkan Rp 800 juta, pembangunan jalan Labelete Rp 480 juta dan juga jalan PNPM Kadacua. Kegiatan ini, sementara proses lelang dan ditarget tuntas tepat waktu,” ujar Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Butur, Zalman saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (13/10).

Ia menambahkan, pembenahan jalur transportasi darat sangat mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah. Apalagi Bupati Butur, Muh. Ridwan Zakariah sangat fokus membenahi ruas jalan rusak dengan menggelontorkan anggaran miliaran rupiah tahun ini. “Pembangunan ruas jalan tersebut menggunakan dana alokasi umum bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah. Pengerjaannya sedikit tertunda karena penunjukan pejabat pembuat komitmen agak telat akibat ada mutasi dan pelantikan,” terang Zalman.

Mantan Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Butur itu menegaskan, pembangunan dan peningkatan jalan mengutamakan kualitas. Jika spesifikasi kegiatan belum memenuhi, maka proses pembayaran tak akan diberikan pada pihak ketiga atau kontraktor. “Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Butur sangat tegas terkait administrasi dan akan monitoring langsung proyek kegiatan di lapangan,” tandasnya. (c/had)