KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Bombana, H. Tafdil paripurna membangun. Semua sektor diperhatikan. Teranyar, suami Andi Nirwana Sebbu itu membangun sarana olahraga. Peletakan batu pertama baru saja dilakukan. Namanya juga keren: Sarana Olahraga Rumbia (SOR). Sarana olahraga ini dibangun untuk mendukung tumbuh kembangnya olahraga di Bombana.

Tafdil merealisasikan keinginan warganya untuk memiliki sarana olahraga indoor lengkap. Sarana ini bisa digunakan berolahraga dalam kondisi apapun. Semua itu, terlihat dengan telah dilakukannya peletakan batu pertama oleh Bupati Bombana, H. Tafdil sebagai tanda pengerjaan proyek bangunan tersebut, Kamis (21/10).

Bupati Bombana, H. Tafdil saat meletakkan batu pertama pembangunan Sarana Olahrga Rumbia (SOR), kemarin.

Bupati Bombana, H. Tafdil mengungk apkan, pembangunan SOR Kabupaten Bombana ini tentu menjadi kebanggaan bagi Pemkab dan masyarakat. Terlebih lagi, selama ini, Kabupaten Bombana belum memiliki sarana olahraga yang sesuai dengan standar nasional. Diakuinya, selain digunakan sebagai pengembangan olahraga, SOR ini juga bisa menjadi tempat penyelenggaraan event-event olahraga. Baik itu dilevel kabupaten, provinsi bahkan nasional. “Selama ini kita kerap mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah pekan olahraga provinsi (Porprov). Namun hal itu belum bisa terealisasi. Sebab, kita tidak memiliki fasilitas olahraga yang representatif untuk menghelat event olahraga tingkat provinsi. Semoga adanya pembangunan SOR ini, ke depan Kabupaten Bombana bisa menjadi tuan rumah dalam even olahraga bergengsi,” harapnya.

Ketua DPRD Bombana, Arsyad ikut andil dalam peletakkan batu pertama pembangunan SOR Kabupaten Bombana, kemarin.

Lanjut dia, pembangunan SOR ini, sebagai salah satu upaya Pemda dalam memberikan wadah untuk kebutuhan keolahragaan dalam pembinaan atlet daerah yang lebih unggul untuk jangka panjang, yang dapat melahirkan prestasi olahraga dalam kejuaraan di tingkat daerah, regional, maupun nasional. Diakuinya, selain tempat olahraga, SOR Bombana ini juga bakal menjadi tempat atau sekretariat dari beberapa cabang olahraga (Cabor) yang ada di Kabupaten Bombana. “Animo masyarakat terhadap olahraga cukup besar. Namun, selama ini animo tersebut tidak tersalurkan dengan baik. Karena tidak memiliki sarana untuk mengembangkanya,” jelasnya.

Hadirnya sarana olah raga yang memadai akan mendorong warga Bombana, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa untuk melatih kemampuannya sesuai dengan bidang yang digemarinya. Lebih dari itu, diharapkan pembangunan SOR ini bakal melahirkan bibit-bibit muda yang potensial dan berbakat. “Sehingga, kita harapkan bisa mengharumkan nama Kabupaten Bombana di kancah provinsi hingga nasional,”imbuhnya. (adv/idh)

Didesain Megah, Target Tuntas 11 Bulan

Pembangunan Sarana Olahraga Rumbia (SOR) bakal menjadi salah satu legacy Bupati Bombana dua periode, H. Tafdil. Bagaimana tidak, di penghujung jabatannya, Tafdil kembali mewujudkan salah satu keinginan warganya untuk memiliki sarana olahraga indoor. Keinginan warga tersebut pun seiring dengan komitmenya untuk menghadirkan fasilitas hingga pelayanan yang nyaman bagi warganya. Pembangunan SOR Kabupaten Bombana ini didesain megah. Rencana, ditarget tuntas dalam 11 bulan.

Bupati Bombana, H. Tafdil saat memberikan sambutan.

SOR ini terdiri dari dua bangunan utama yakni, bangunan Gelanggang Olahraga (GOR) indoor. Nantinya digunakan sebagai tempat olahraga indoor seperti, Badminton, Bola Basket, Karate, Silat hingga olahraga lainya. Bangunanya yang kedua yakni, lapangan outdoor seperti tribun sepak bola. Nantinya bisa digunakan sebagai tempat olahraga seperti, sepak bola, hingga olahraga atletik. “Pembangunan SOR ini dilakukan secara multiyears, dengan jangka waktu pengerjaanya selama 11 bulan atau 330 hari,” ungkap Kepala Dinas PUPR Bombana, Ir. Syahrun, ST.,MPwk.

Lanjut dia, pembangunan SOR Kabupaten Bombana ini bakal tuntas sebelum masa jabatan Bupati Bombana, H. Tafdil berakhir. Bahkan pembangunan tersebut bisa dirampungkan lebih cepat lagi dari target yang ditentukan, namun tetap sesuai dengan standar dan spesifikasi yang ditentukan. Sehingga, pemanfaatan dari SOR ini bisa digunakan oleh warga Bombana guna memenuhi kebutuhan keolahrgaanya. “Mari kita awasi bersama pembangunan SOR ini,” pungkasnya. (adv/idh)