KENDARIPOS.CO.ID – Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan saat ini sudah ada 12 provinsi atau DPC yang meminta ketua umumnya Prabowo Subianto untuk maju lagi menjadi capres di Pilpres 2024.

Namun Dasco tidak menjelaskan mana saja provinsi tersebut. Dia hanya mengatakan yang terbaru hanyalah Jawa Timur dan juga Jawa Barat. “Sudah ada sekitar 12 provinsi yang menyatakan meminta Pak Prabowo maju sebagai calon presiden dari Partai Gerindra. Nah Jawa Barat ini ke-12,” ujar Dasco kepada wartawan, Senin (25/10).

Prabowo Subianto

Dasco mengatakan, sampai saat ini Prabowo Subianto masih belum mengungkapkan apakah akan maju lagi menjadi capres di 2024. Namun dengan Jawa Barat sudah meminta Prabowo maju, maka bisa mempengaruhi sikap mantan Danjen Kopassus ini. “Tentunya sebagai daerah lumbung suara akan sedikit banyaknya mempengaruhi sikap Pak Prabowo untuk menyatakan sikap,” jelasnya.

Wakil Ketua DPR ini menuturkan, dirinya juga akan membawa aspirasi kader dari 12 provinsi tersebut untuk disampaikan kepada ketua umumnya Prabowo Subianto. Besar kemungkinan dalam waktu dekat Partai Gerindra akan membuat sebuah forum besar untuk menyikapi desakan kader ini.

“Di Gerindra untuk memutuskan calon presiden ada forumnya. Nah forumnya itu belum kita buat, tetapi karena desakan-desakan dari daerah kemungkinan akan segera dibuat,” terangnya.

Dasco berujar, pihaknya juga membuka ruang seluas-luasnya untuk bisa membangun koalisi dengan partai politik lain. Namun penjajakan ke partai belum dilakukan lantaran situasi politik masih dinamis. “Pada akhirnya nanti Gerindra akan memutuskan dengan siapa berkoalosi dengan partai mana. Sebelum diputuskan saya pikir semua kemungkinan terbuka,” pungkasnya. (jpg)