Mobil ‘Dilan’ DPMPTSP Kendari


-Mudahkan Warga Urus Izin Usaha

KENDARIPOS.CO.ID– Instruksi Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir agar jajarannya melahirkan inovasi disahuti Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Terbaru, instansi dibawah komando Satria Damayanti ini kembali menghadirkan Mobil Digital Melayani (Dilan).

Upaya ini tak lain untuk memberi kemudahan kepada masyarakat.
Kepala DPM-PTSP Kota Kendari, Satria Damayanti mengatakan, mobil dilan sengaja dihadirkan dalam rangka menjangkau masyarakat masyarakat ingin mengurus izin usaha. “Kami mudahkan mereka dalam mengurus izin. Sehingga tidak perlu repot lagi datang di kantor untuk berurusan,” ungkapnya usai melaunching mobil dilan di Kantor DPMPTSP Kendari, kemarin.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Informasi dan Publikasi DPMPTSP Kendari, Muhammad Arfan mengatakan, mobil dilan untuk sementara hanya melayani pembuatan izin usaha perorangan atau mikro. Layanan yang diberikan berupa pemberian Nomor Izin Berusaha (NIB) yang nantinya akan digunakan oleh warga dalam berusaha. “NIB untuk menunjukan bahawa usaha yang dijalankam iti legal,” ujarnya. Syarat mengurus NIB di mobil dilan sangat sederhana kata Arfan, warga atau pelaku usaha mikro menunjukan identitas diri berupa e-KTP, serta melampirkan alamat email, nomor terlepom dan data atau informasi seputar usahanya seperti nama usaha, kegiatan usaha, dan kapasitas produknya. “Mulai hari ini (kemarin) mobil dilan sudah beroperasi. Kami sasar seluruh kantor Kecamatan yang ada di Kendari. Hari ini (kemarin) kami gelar di Kantor Camat Poasia. Besok (Hari Ini) kami akan buka layanan di Kantor Camat Kambu,” pungkasnya. (b/ags)