LA ODE ALPIN/KENDARI POS
KOORDINASI: Suasana pertemuan tim dari KPK dan jajaran Pemkab Muna terkait penetapan APBD Muna tahun 2021.

APBD 2022 Muna Diminta Ditetapkan November
KENDARIPOS.CO.ID– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegur Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna lantaran sering telat menyusun anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Akibatnya, Muna diganjar rapor merah. Pernyataan itu disampaikan Anggota Tim Koordinator Supervisi dan Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi, Ikbal mengatakan saat pertemuan bersama Pem­kab di Aula Kantor Bupati Muna, Rabu (27/10).

Katanya, Muna saat ini masuk daftar merah dari Kementerian Keuangan akibat menyetor file doku­men APBD tahun anggaran 2021. Karenanya, Pemkab mendapat teguran Febru­ari lalu. “Hal ini jangan berulang karena menjadi catatan,” pintanya. Katanya, Pemkab harus melakukan penyusu­nan APBD lebih cepat agar tidak terkesan sistem kebut semalam.

Penyusunan un­tuk APBD 2022 sudah harus dimulai agar DPRD juga memiliki waktu melakukan pembahasan.
Ia meminta APBD 2022 sudah ditetapkan per 30 November. “Ini akan kami pantau. Termasuk juga dari Kemen­keu dan Kemendagri,” pa­parnya.

Kepala Bidang Anggaran, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Muna, La Ode Abdul Salam me­nerangkan, ada beberapa alasan mengapa APBD 2021 terlambat ditetapkan. Salah satunya akibat peru­bahan aplikasi Sistim Infor­masi Pemerintah Daerah (SIPD).

Hal itu membuat sejumlah organisasi per­angkat daerah (OPD) perlu melakukan penyesuaian saat penginputan Rencana Kegiatan Pemerintah Dae­rah (RKPD). “APBD 2021 terlambat karena faktor aplikasi. Ma­kanya OPD masih banyak yang harus menyesuai­kan,” terangnya.

Ia memastikan untuk APBD 2022 akan ditetap­kan tepat waktu. Dokumen Kebijakan Umum Angga­ran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk saat ini telah selesai dibahas dan ting­gal menunggu penetapan. OPD juga saat sedang mel­akukan penginputan RKPD pada aplikasi SIPD. “Dengan begitu doku­men RAPBD 2022 bisa kita serahkan awal November mendatang,” imbuhnya. (b/ode)