Kepala Disdukcapil Bombana Firdaus Syamsuddin, S.Pd.,M.M

KENDARIPOS.CO.ID– Terobosan dan kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bombana mendapat perhatian dari Disdukcapil daerah lain di Sulawesi Tenggara (Sultra). Baru-baru ini, lembaga yang dipimpin oleh Firdaus Syamsuddin menerima kunjungan dari Disdukcapil Wakatobi yang datang untuk belajar program Disdukcapil Bombana.

Kepala Disdukcapil Bombana Firdaus Syamsuddin, S.Pd.,M.M mengatakan, kunjungan rombongan Disdukcapil Wakatobi di Bombana ini tak lepas dari capaian terobosan yang telah dilakukan Disdukcapil Bombana. Sehingga, instansi serupa yang berasal dari daerah lainya merasa perlu untuk menerapkan hal tersebut di wilayahnya.

“Alhamdulillah dalam hal capaian-capaian yang telah dilakukan Disdukcapil Bombana tak terlepas dari kerja keras gagasan dan ide-ide para pegawai yang ada di Disdukcapil Bombana” ungkapnya, kemarin.

Sementara itu, Sekretaris Disdukcapil Bombana Sitti Ramlah, S.Si.,M.Sc mengungkapkan, tujuan kunjungan dari rombongan Disdukcapil Wakatobi adalah untuk melakukan adaptasi yang difokuskan pada upaya pembentukan UPTD dan kerjasama pemanfaatan data yang dapat diterapkan pada Disdukcapil Wakatobi.

“Disdukcapil Bombana sebagai satu-satunya Disdukcapil di Sultra yang sudah bekerjasama dengan tiga OPD yang telah melalukan Memorandum of  Understanding (MOU). Ketiga OPD itu adalah Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) dan satu-satunya juga Disdukcapil di Sultra yang mendapat predikat  pelayanan publik terbaik dan mendapat level empat. “ucapnya.

Plt Kepala Disdukcapil Wakatobi, La Ijo, S.Pd mengatakan kedatangannya ke Bombana untuk meniru langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh Disdukcapil Bombana, seperti terbentuknya duanUPTD yang berada di Kecamatan Poleang dan Kabaena. “Wakatobi juga banyak terdapat daerah yang masih pulau-pulau jauh dari kabupaten seperti yang ada di Bombana,” tuturnya. (idh/c)