Kepala Disdukcapil Koltim, Anwar Hamzah

KENDARIPOS.CO.ID– Target menuntaskan perekaman data kependudukan bagi warga di daerah terpencil, dimasifkan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim). Mereka turun melakukan sosialisasi pencatatan sipil pada masing-masing kecamatan, terkhusus di wilayah Uluiwoi.

Kepala Disdukcapil Koltim, Anwar Hamzah, menyampaikan, data kependudukan wajib terekam pada sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) Disdukcapil secara nasional. Menurut dia, selain sosialisasi di media sosial, pihaknya juga terjun langsung ke lapangan.

Mantan Camat Poli-Polia tersebut menjelaskan, dalam sosialisasi itu, pihaknya memberikan edukasi pada masyarakat agar data kependudukan mereka harus valid dan lengkap. Apalagi di zaman modern ini, kemajuan teknologi sangat pesat, sehingga ketika berpergian dan berurusan, membutuhkan data-data lengkap serta terinput pada sistem Disdukcapil.

“Seperti kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), kartu keluarga, akta kelahiran dan data kependudukan lainnya. Makanya sasaran kita dalam sosialisasi ini adalah untuk masyarakat belum sama sekali merekam datanya di Disdukcapil,” kata Anwar Hamzah, Rabu (6/10).

Ia menegaskan, pelayanan Disdukcapil dilaksanakan setiap hari, bahkan diluar jam kantor sekalipun, termasuk turun ke lapangan “menjemput bola”. “Jika diundang Pemerintah Desa untuk melakukan perekaman data warganya, maka kami akan langsung merespon dan menindaklanjutinya,” tandas Anwar Hamzah. (c/kus)