Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID– Seperti yang sudah diagenda­kan sebelumnya, tahun ini pihak Dinas Kependudukan dan Pen­catatan Sipil (Disdukcapil) Waka­tobi akan melakukan pelayanan “jemput bola” pada tiga pulau. Program tersebut ditempuh se­bagai upaya memenuhi target nasional tahun 2021. Baik untuk perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) hingga kartu identitas anak (KIA).

Masyarakat di Pulau Kaledupa, Tomia dan Binongko diharapkan dapat me­manfaatkan agenda pelayanan tersebut dengan baik. Sehingga dokumen kependudukannya bisa diurus di kecamatan setempat dan tak perlu lagi menyeberang ke Pulau Wangi-Wangi.

La Yijo

Dia menjelaskan, target pelay­anan dua kali dalam setahun diu­payakan bisa terealisasi. Apalagi hingga September ini target KTP-el dan KIA masih belum tercapai. “Kita masih punya waktu sekitar tiga bulan lagi. Ini yang akan kita manfaatkan agar target terpenuhi,” kata Kadisdukcapil Wakatobi La Yijo, Senin (11/10).

Ia mengharapkan masyarakat bisa aktif melakukan pengurusan doku­men jika ada pelayanan di kecama­tan setempat. Apalagi sejauh ini sudah ada sumber daya manusia (SDM) pada tiap-tiap kecamatan yang ditempatkan khusus melaya­ni dokumen kependudukan. “Tak lama lagi kami akan buka pelayanan di tiga pulau. Kita op­timis bisa capai target nasional. Karena kalau KIA masih sekitar 5 persen lagi dan KTP sekitar 3 persen yang belum ter­capai.

Ini data akhir September lalu,” tam­bahnya. Pada tahun 2020 lalu, baik KTP maupun KIA, pihak Disdukcapil berhas­il melampaui target nasional. Setidakn­ya tahun ini target 30 persen KIA dan 98 persen KTP-el juga dapat dicapai. (c/thy)