DOK. MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
JAGA KONSUMEN : Pengawasan dilakukan pihak Dinkes Kolut berkerja sama dengan BPOM Kendari terhadap produksi pangan industri rumah tangga di wilayah tersebut.

KENDARIPOS.CO.ID– Pencegahan terhadap potensi tercemarnya produk pangan alami dari zat biologis, kimia, dan benda lain yang dapat merugikan serta membahayakan kesehatan konsumen, terus dilakukan pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolaka Utara (Kolut).

Instansi tersebut intens melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap aktivitas industri rumah tangga pangan (IRTP). Mereka bekerja sama dengan BPOM Kendari melakukan kunjungan ke sejumlah produsen di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kolut, Irham, menjelaskan, kegiatan yang menyasar pelaku industri tersebut dilakukan untuk memberi pembinaan secara langsung terkait prinsip-prinsip dasar keamanan bagi IRTP. Diharapkan bisa mendorong produk yang diproduksi dari lokal Kolut mampu meningkatkan kualitas dan bersaing secara luas hingga bisa mendongkrak taraf hidup mereka.

“Intinya agar melalui usahanya, putaran ekonomi mereka semakin lebih, karena produk yang dijual kualitasnya baik,” kata Irham, Minggu (10/10).

Progam pengawasan itu merupakan bagian dari gerakan keamanan pangan desa 2021. Namun yang menjadi inti dari kegiatan tersebut, diharapkan agar produk pangan bisa memenuhi standar kesehatan sesuai permintaan pasar dan konsumen. Gerakan tersebut mendapat apresiasi dari para pelaku industri. Tidak hanya sebatas di pusat-pusat kecamatan, namun Dinkes Kolut juga menyentuh hingga ke pelosok desa dengan mendatangi produsen gula aren maupun madu. (c/rus)