Kepala Dinas Dikbud Konawe, Suriyadi,

KENDARIPOS.CO.ID– Pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) untuk pertama kalinya akan digelar di Konawe, November 2021 mendatang. Berbagai persiapan dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) setempat. Salah satunya dengan menggelar simulasi ANBK bagi siswa di jenjang SD maupun SMP sejak tanggal 18 hingga 22 Oktober 2021 lalu.

Kepala Dinas Dikbud Konawe, Suriyadi, mengatakan, ANBK merupakan program kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai pengganti ujian nasional. Katanya, ANBK itu dalam rangka memetakan mutu pendidikan secara nasional dan masing-masing daerah, salah satunya di Konawe. “Sekolah-sekolah khususnya siswa kelas V SD dan pelajar kelas VIII SMP sudah semua melaksanakan simulasi ANBK,” ujar Suriyadi, Selasa (26/10).

Ia menuturkan, secara keseluruhan pelaksanaan simulasi ANBK tidak menemui kendala berarti. Hanya memang awalnya, sebagian siswa sedikit kesulitan karena belum begitu paham mengoperasikan komputer. Namun kendala itu teratasi dengan bimbingan guru yang menjadi pendamping siswa selama simulasi ANBK digelar. “Alhamdulillah tidak ada kendala. Sekolah di pelosok seperti Routa saja sudah ikut simulasi. Pelaksanaan ANBK itu sendiri rencananya digelar pada November mendatang,” ungkap Ketua PGRI Konawe tersebut.

Dirinya menyebut, pelaksaaan ANBK di Konawe telah melalui evaluasi dengan menggunakan instrumen kompetensi minimum, survei karakter dan lingkungan belajar. Dengan demikian, Suriyadi berharap pelaksanaan ANBK nantinya sekaligus dijadikan acuan dalam menetapkan kebijakan atau program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Konawe secara komprehensif. “Sebisa mungkin pihak sekolah menciptakan iklim pembelajaran yang inovatif serta kondusif. Sehingga, sekolah akan menjadi rumah kedua yang nyaman bagi anak-anak kita di Konawe,” harap Suriyadi. (c/adi)