KENDARIPOS.CO.ID — Zero kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Buton Utara (Butur). Daerah berjuluk Lipu Tinadeakono Sara itu kini masuk level I Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Wakil Gubernur Sultra (Wagub), Lukman Abunawas yang juga Wakil Ketua Satgas penanganan Covid-19 Sultra mengapresiasi kerja keras Bupati Butur Muhammad Ridwan Zakariah yang mengendalikan penyebaran Covid-19.

Wagub Sultra, Lukman Abunawas mengatakan, penurunan level PPKM di Butur menjadi indikator keberhasilan kinerja Pemkab Butur dalam komando Bupati Muhammad Ridwan Zakariah dalam menekan angka penyebaran Covid-19. Buktinya, aktivitas masyarakat baik untuk kegiatan ekonomi, resepsi dan sosial kemasyarakat lainnya sudah diperbolehkan. Namun, demikian bukan berarti protokol kesehatan boleh diabaikan.

Wakil Gubernur Sultra (Wagub), Lukman Abunawas (dua dari kiri) yang juga Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Sultra mengapresiasi kerja keras Bupati Butur Muhammad Ridwan Zakariah (dua dari kanan) yang mengendalikan penyebaran Covid-19 sehingga Butur zero kasus dan berada di level 1 PPKM. Foto : HADRIAN / KENDARI POS

“Ini terbukti. Saya sudah cek secara langsung di tempat isolasi mandiri, hasuilnya sudah zero kasus Covid-19. Begitu pula, dengan angka warga terpapar dan terdampak pandemi Covid-19 di Rumah Sakit sudah zero,” ujar Lukman Abunawas saat meninjau aktivitas Pasar Wandaka, Pasar Central Mina-minga di Kecamatan Kulisusu, Sabtu (2/10).

Mantan Bupati Konawe dua periode itu menambahkan, zero kasus warga terpapar Covid-19 menandakan bahwa penyebaran pandemi Covid-19 di Butur sudah dapat teratasi dengan protokol kesehatan ketat dan pemberlakuan PPKM. Tetapi, paling penting juga seluruh warga mendapatkan pelayanan vaksinasi. “Vaksinasi itu merupakan program pemerintah untuk menciptakan herd immunity dan imunitas tubuh manusia agar terbentengi sehingga tidak mudah terpapar Covid-19,” terang Lukman Abunawas.

Sementara itu, Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Butur, Muhammad Ridwan Zakariah memaparkan indikator penyebaran virus Covid-19 terkendali. Yakni, minimnya jumlah warga terpapar. “Jadi ada hubungan garis lurus antara tidak terpaparnya masyarakat akan Covid-19 dengan vaksinasi,” ujarnya.(had/d)

Zero Kasus Warga Terpapar Indikator Penyebaran Covid-19 Teratasi

Butur Tanpa Covid-19

Turun Level PPKM
-Kasus Covid-19 di Sultra terus melandai
-Aktivitas masyarakat dilonggarkan
-Sebagian daerah turun level PPKM
-Salah satunya Kabupaten Buton Utara (Butur)
-Kini, otorita Bupati Ridwan Zakariah itu berada di level 1 PPKM
-Butur kini zero kasus Covid-19

Menuai Apresiasi Wagub
-Status zero kasus Covid di Butur menuai apresiasi dari Wagub Sultra
-Wagub Sultra, Lukman Abunawas memuji kerja keras Bupati Butur
-Bupati Butur Ridwan Zakariah dinilai sukses menekan penyebaran Covid
-Indikatornya, aktivitas ekonomi masyarakat bergeliat
-Selain itu, kegiatan sosial kemasyarakat sudah diperbolehkan
-Syaratnya, protokol kesehatan (prokes) tetap dipatuhi
-Lukman memastikan tak ada kasus Covid di tempat isolasi mandiri
-Angka warga terpapar Covid-19 di Rumah Sakit pun nihil

Kunci Sukses Zero Covid
-Kab.Butur kini zero kasus Covid-19
-Wagub Sultra, Lukman Abunawas menyebut kunci sukses zero Covid:

  1. Penerapan prokes ketat
  2. Pemberlakuan PPKM
  3. Vaksinasi massal
    -Vaksinasi adalah program pemerintah untuk menciptakan herd immunity
    -Ketika imunitas tubuh kuat, tidak mudah terpapar Covid

DATA DIOLAH KENDARI POS