PRESTASI: Sekab Buteng, H Kostantinus Bukide menerima penghargaan dari Kemenkeu yang diserahkan, Kepala KPPN Baubau, Haryanto di aula Kantor Bupati Buteng, Senin (18/10). RUDI MUSHU/KENDARI POS

-5 WTP, Diberi Penghargaan Kemenkeu

KENDARIPOS.CO.ID– Lima kali sudah, Pemkab Buton Tengah (Buteng) meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sultra, terkait Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2020 secara berturut-turut.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengapresiasi Buteng dengan memberikan piagam penghargaan yang diserahkan oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baubau, Hariyanto kepada Sekretaris Kabupaten Buteng, H. Kostantinus Bukide di aula Kantor Bupati Buteng, Senin (18/10). Momen itu, Kostantinus mengatakan penghargaan ini membuktikan pengelolaan anggaran di Buteng telah sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Alhamdulillah, capaian WTP untuk ke lima kalinya masih kita pertahankan. Semoga kedepannya, kita masih tetap komitmen dan semangat mendapatkan prestasi yang sama. Hari ini, kita mendapatkan piagam. Semoga hari selanjutnya, kita bisa meraih plakat dari Kemenkeu,” ujar jendral ASN Buteng itu.

Selain itu, bagi dia, raihan WTP tak lepas dari sinergisitas seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Saya optimis, kinerja yang terus dijaga dan dipertahankan, insya Allah kedepannya kita bisa kembali meraih WTP. Hal-hal inilah yang perlu kita tingkatkan lagi kedepannya. Apalagi, ini demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala KPPN Baubau, Hariyanto menambahkan, pemberian opini WTP didasarkan atas kinerja pemerintah daerah terkait laporan keuangannya sesuai parameter yang telah ditetapkan.

Diantaranya kesesuaian dengan standar akuntasi pemerintah (SAP), kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundang-undangan, efektivitas sistem pengendalian internal.

“Ketika 4 dasar itu dipenuhi, maka daerah tersebut berhak mendapatkan opini tertinggi berupa WTP,” argumentasinya.

Dirinya menambahkan, Kemenkeu berharap WTP yang diraih Pemkab Buteng tersebut bisa menjadi semangat dalam meningkatkan kualitas dari pelaksanaan alokasi anggaran yang sudah diberikan.
“Sebenarnya WTP bukanlah tujuan akhir. Karena tujuan akhir pengelolaan keuangan adalah untuk kemakmuran dan kesejahteraan semua masyarakat. Inilah yang perlu kita tingkatkan kedepannya,” ungkapnya. (rud/c).