Haliana

KENDARIPOS.CO.ID– Pelaku UMKM di Kabupaten Wakatobi terus bertumbuh. UMKM menjadi salah satu penopang sektor pariwisata. Beragam produk UMKM dapat disuguhkan bagi turis lokal dan mancanegara yang berwisata di Wakatobi. Bupati Wakatobi, Haliana bertekad menciptakan sumber daya manusia pelaku usaha yang tangguh. Tekad itu diwujudkan Bupati Haliana melalui program unggulannya, One Island One School.

“Program ini sedianya ada di semua pulau. Tujuannya agar semua pengusaha-pengusaha kita tidak hanya terpusat di pulau Wangi-Wangi saja. Tapi ini akan lebih mendekatkannya kepada seluruh pelaku-pelaku usaha yang ada di semua pulau. Baik di Binongko, Tomia, Kaledupa, serta di Wangi-Wangi,” ujar Bupati Haliana kepada Kendari Pos, Jumat (29/10) kemarin.

Kader PDIP Sultra itu menjelaskan, One Island One School punya nilai plus, yakni ada yang namanya pasar kerja. Akan membina semua tukang-tukang dari berbagai profesi. Begitupun dengan nelayan dan petani. “Nantinya juga akan didatangkan ahli untuk menjadi guru, instruktur, dan pelatih guna mengembangkan kapasitas dan kemampuan masing-masing pelaku usaha,” ungkapnya.

Sebelumnya, Bupati Haliana menutup kegiatan expo dan pemasaran produk UMKM di pulau Tomia Expo berlangsung selama sepekan. Beragam produk-produk lokal dipasarkan. Menurut Bupati Haliana menjelaskan expo itu digelar sebagai bentuk peran pemerintah daerah untuk meningkatkan pertumbuhan UMKM dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Wakatobi.

“Kegiatan expo dan pemasaran UMKM ini diharapkan dapat meningkatkan UMKM di Kabupaten Wakatobi. Masyarakat juga semakin meningkatkan inovasi dan kreativitas yang dimiliki guna pengembangan produk UMKM demi kesejahteraan masyarakat Wakatobi,” tutup Bupati Haliana. (thy/c)